in

12 Event Budaya dan Pariwisata Nusa Tenggara Timur-NTT dalam Tempo Setahun

Apa yang ada di dalam benakmu kalau mendengar nama “Nusa Tenggara Timur”. Mungkin bakal ada 3 diksi di otakmu: pulau, timur, dan padang rumput. Benar memang, NTT adalah sebuah daerah kepulauan di wilayah timur Indonesia. Yang kaya dengan savana. Matahari terik dengan gembala sapi dan kerbau. Tak lupa masyarakatnya yang berkulit hitam.

Penyair Taufik Ismail sampai membuatkan syairnya. Kala ia berkunjung ke Sumba, salah satu pulau di NTT. Ia membuat puisi seperti ini:

Rinduku pada Sumba adalah rindu padang-padang terbuka. Di mana matahari membusur api, cuaca kering, dan ternak melenguh. Rinduku pada Sumba adalah rindu seribu ekor kuda. Yang turun menggemuruh di kaki-kaki bukit yang jauh

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia. Beberapa pulau besar yang terkenal antara lain: Pulau Timor, Rote, Flores, Alor, Sumba, dan tentunya Pulau Komodo yang menjadi habitat binatang purba Komodo.

Jika kamu mau berwisata ke NTT, sebaiknya datang dengan pesawat melalui Bandara El Tari di kota Kupang. Bandara ini berada dalam pengawasan PT Angkasa Pura 1. Kamu bisa menaiki berbagai pesawat dari kota di mana kamu tinggal, seperti naik pesawat Lion, Sriwijaya, Wings, Trigana, dan bahkan Batavia Air. Garuda Indonesia juga nampaknya sudah membuka rute ini.  Jika sudah sampai Kupang, kamu bakal mudah menjangkau daerah mana saja di NTT.

Sebenarnya Nusa Tenggara Timur dapat menjadi alternatif destinasi selain Pulau Bali. Event budaya dan pariwisata digelar setiap bulan, full selama tahun. Hanya saja untuk tanggalnya tidak dipastikan.
Berikut adalah daftar 12 event budaya dan pariwisata Nusa Tenggara Timur dalam tempo setahun:

1. Event Budaya  Januari di NTT, Nusa Tenggara Timur

Bulan januari adalah bulannya Pesta Adat Reba di kabupaten Ngada. Pesta ini merupakan perayaan tahun baru. Masyarakat akan berkumpul untuk menyaksikan tarian tradisional sambil makan ubi bersama.

Di lain daerah, tepatnya di kabupaten Sumba Barat diadakannya Pesta Merapu yang merupakan upacara adat sakral untuk mempersiapkan alat pertanian dan membersihkan lahan. Upacara diadakan juga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

2. Event Pariwisata Februari di NTT, Nusa Tenggara Timur

Di bulan kedua ini akan diadakan upacara perang tradisional yang dinamakan Pasola. Masyarakat akan lomba berkuda dan saling melempar lembing. Lomba ini biasanya berkelompok.

3. Event Budaya Maret di NTT, Nusa Tenggara Timur

Kini giliran kabupaten Timor Tengah Selatan yang menjadi tuan rumah. Bakal diadakan upacara penobatan Raja Boti untuk menggantikan raja sepuh yang telah meninggal. Nampaknya raja ini maksudnya semacam ketua adat.

Sedangkan di Flores Timur bakal diadakan prosesi Jumat Agung, event megah dan sakral umat katolik NTT yang telah dilaksanakan sejak abad 15.

4. Event Pariwisata April di NTT, Nusa Tenggara Timur

Kota Kupang bakal sangat ramai dengan pagelaran lomba dayung perahu dan mancing ikan paus. Wow! Kamu mau ikut?

5. Event Budaya Mei di NTT, Nusa Tenggara Timur

Kabupaten Kupang bakal menggelar upacara Bui Ihi hole, yaitu sebuah upacara untuk rasa syukur karena panen petani melimpah. Selain itu bakal ada pula prosesi Pahere Jara, perang tradisional, tarian padoa, dan lomba sabung ayam. Sungguh sangat ramai.

6. Event Pariwisata Juni di NTT, Nusa Tenggara Timur

Kabupaten Alor berseremoni adat, melakukan upacara tolak bala.

7. Event Budaya Juli di NTT, Nusa Tenggara Timur

Juli adalah bulannya event. Karena banyak sekali event digelar. Kabupaten Ngada membuka pagelaran tinju tradisional yang dikenal dengan nama Etu. Biasanya event tinju ini digelar pasca panen raya.

Kabupaten Rote Ndao bakal membuka lomba selancar di pantai Nembrala. Ada pula Upacara Hoes Aduo ‘En yang merupakan upacara kuno penghormatan kepada dewa laut. Biasanya bulan ini juga diadakan event ketangkasan berkuda dan National Sail Indonesia.

(Baca Juga: Berkunjung ke Lokawisata Baturraden, Bisa Melepas Stres!

8. Event Pariwisata Agustus di NTT, Nusa Tenggara Timur

Kabupaten Ende menggelar kompetisi pacuan kuda dan pesta seni budaya.

9. Event Budaya September di NTT, Nusa Tenggara Timur

Bakal ada festival panen kacang hijau di Lembata. Dan upacara Loka Pa’o yaitu upacara penyambutan musim tanam padi di daerah Sikka. Kamu harus datang nih!

10. Event Budaya Oktober di NTT, Nusa Tenggara Timur

Ada lomba pacuan kuda di Kabupaten Belu. Dan upacara riput yaitu prosesi pembuatan tenun ikat yang dipengaruhi kultur India.

11. Event Pariwisata November di NTT, Nusa Tenggara Timur

Bersiaplah menyambut tahun baru bareng masyarakat merapu  (pemeluk agama asli Sumba). Karena mereka bakal menggelar Wulla Paddu, sebuah upacara menyongsong hari baru, di tahun baru.

12. Event Budaya dan Pariwisata Desember di NTT, Nusa Tenggara Timur

20 Desember adalah HUT provinsi NTT. Sudah pasti bakal meriah banget. Kabupaten Sikka menggelar pertunjukkan seni Sendratari yang mengisahkan tentang lamaran Maskadar kepada putri Raja Prinseja.

Bagaimana? Apa kamu sudah siap datang ke NTT di tahun 2017 ini? Mumpung masih bulan Februari menjelang maret loh! Masih banyak banget event di sana. Jangan sampai kelewatan, ya!

What do you think?

Written by virgo

Hakim tolak gugatan perdata karena masuk Tipikor

Bagi Yang Galau Mikirin Jodoh Tak Kunjung Datang, Lebih Baik Pilih Sukses Aja Dulu, Karena Sebaik-Baiknya Cinta Akan Mengikuti Kita Dari Belakang