in

12 Manfaat Akupuntur Bagi Kesehatan

Sudah sejak dulu, terapi akupuntur digunakan sebagai salah satu jenis pengobatan, yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Terapi ini menggunakan jarum-jarum yang ditusukkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Ini berdasarkan pada kepercayaan Tiongkok bahwa ada aliran energi yang dikenal dengan sebutan Qi. 

Penyakit dipercaya akan muncul bila aliran Qi ini terhambat. Jadi, dengan melakukan tusuk jarum di titik-titik tertentu dengan tepat dapat melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat akupuntur bagi kesehatan:

1. Memberikan efek relaksasi
Manfaat utama dari akupuntur adalah memberikan efek relaksasi pada tubuh. Alasannya adalah, setelah melakukan terapi, syaraf-syaraf yang ada dalam tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang lagi!

2. Mengobati migrain

Pernah / sering migrain? Rasa sakit kepala diiringi rasa berkunang-kunang ini sangat mengganggu dan menyakitkan. Akupuntur dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain dan memberikan efek yang positif bagi tubuh.

3. Anti-aging
Selain membuat kondisi kulit menjadi segar, akupuntur juga diyakini mampu mencegah penuaan dini. Akupuntur melawan penuaan dengan membantu mengurangi bercak dan kerutan pada wajah, serta mengangkat kelopak mata yang terkulai. Jadi tak perlu beli krim anti aging mahal-mahal lagi deh!

4. Menghilangkan rasa mual dan sakit perut
Kalau kamu sedang mual atau sakit perut, cobain akupuntur pada wajah saja! Akupuntur ini dapat meredakan rasa mual dan sakit perut karena salah satu titik akupuntur pada wajah memiliki koneksi dengan bagian lambung.

5. Mencegah jerawat
Tidak hanya mampu menghilangkan jerawat di wajah, akupuntur juga dapat mengobati dan mencegah jerawat datang kembali.

6. Melancarkan pencernaan
Selain memiliki koneksi langsung pada lambung, titik akupuntur lain pada wajah juga ada yang mengarah ke organ pencernaan seperti usus dan ginjal. Dengan melakukan akupuntur pada titik tersebut dapat memperlancar pencernaan dan menghilangkan berbagai gangguan pencernaan yang sering menyerang kita.

Baca Juga: Tak Perlu Takut! Inilah 6 Tips Menyatakan Perasaan Ke Cewek Yang Kamu Suka!

7. Menjaga kesehatan jantung
Orang dewasa sering melakukan akupuntur demi mencegah datangnya serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Meskipun demikian, kita juga bisa melakukan akupuntur demi kesehatan jantung kita. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

8. Memperlancar peredaran darah
Selain pada wajah, akupuntur juga bisa dilakukan pada seluruh tubuh. Manfaatnya antara lain memperlancar peredaran darah dan membuat seluruh tubuh menjadi lebih segar!

9. Menurunkan berat badan
Wah, ternyata akupuntur juga bisa membantu menurunkan berat badan! Akupuntur dapat menekan nafsu makan sehingga berat badan ideal akan lebih mudah untuk tercapai.

10. Menjaga keseimbangan hormon

Dalam tubuh ada banyak sekali terkandung hormon. Akupuntur dapat membantu kita dalam menyeimbangkan hormon-hormon tersebut dan bisa dikatakan ini bagus untuk tubuh kita. Karena jika kondisi hormon tidak seimbang, akan terjadi kelainan hormon yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

11. Mengobati depresi
Tidak hanya mengobati gejala depresi, rupanya akupuntur juga membuat obat anti-depresi bekerja dengan lebih baik.

12. Membuat kulit wajah lebih sehat
Selain menyehatkan tubuh bagian dalam, akupuntur juga bagus untuk kesehatan kulit, termasuk kesehatan kulit wajah. Energi positif akibat akupuntur membantu kulit wajah menjadi lebih sehat dan pori-pori wajah lebih optimal dalam menyerap berbagai vitamin dan nutrisi.

Gimana? Tertarik untuk mencoba terapi akupuntur dengan segudang manfaat tadi? Tapi hati-hati, ya! Sebelum memutuskan untuk melakukan akupuntur, pastikan dulu terapis yang akan melakukannya adalah yang berpengalaman atau setidaknya telah terlatih. Jika tidak, akan muncul risiko yang tentunya tidak kita inginkan bersama.

What do you think?

Written by virgo

Percaya Atau Tidak, Ini Dia Kelebihan Memiliki Cewek Matre

Telkom Bagi Dividen Rp13,55 Triliun