in

15 Cara Menenangkan Hati Saat Kita Sedang Gelisah

Tak dapat di pungkiri bahwa kita tak dapat menghindarkan diri dari yang namanya masalah. Karena ketika kita di lahirkan ke dalam dunia ini, maka kita harus siap dengan segala resiko yang bakal terjadi. Dan mau tidak mau harus kita hadapi bagaimana pun caranya, termasuk dengan masalah dan ujian Tuhan. Yang terkadang sering datang silih berganti di dalam kehidupan kita.

Tapi dengan seringnya masalah atau ujian itu yang datang, atau bahkan begitu banyak sehingga kita sering merasakan kegelisahan hati karena saking tidak tahannya. Sebenarnya Tuhan tidak akan pernah memberikan ujian melebihi batas kemampuan kita sebagai manusia. Namun karena jalan keluarnya sering terlambat kita dapatkan, maka rasa gelisah itu akan lebih dulu menghampiri kita. Dalam hal ini, kita butuh ketenangan untuk menghilangkan rasa gelisah tersebut.

1. Senantiasa mengingat Tuhan

Dengan senantiasa kita selalu mengingat Tuhan, maka percayalah bahwa kita akan selalu di beri ketenangan hati ataupun jiwa. Karena hanya Tuhanlah penghancur segala rasa yang terjadi pada diri kita. Dengan mengingat Tuhan, kita juga akan selalu percaya bahwa segala macam masalah yang tengah kita hadapi itu pasti akan sirna dari diri kita suatu saat nanti.

2. Selalu menjalankan ibadah

Kita memang harus selalu mengingat pada Tuhan, tapi bukan berarti bahwa kita cuma harus mengingat-Nya. Namun yang tak kalah penting, dan yang wajib kita lakukan adalah dengan menjalankan semua ibadah kita. Karena selain wajib, ibadah juga bisa menenangkan hati kita.

3. Curhat atau meminta jalan keluar dari Tuhan

Selain beribadah, maka akan terasa lengkap setelah kita menceritakan segala keluh kesah atau lebih kita kenal dengan curhat kepada Tuhan. Kita bisa berdoa secara khusu’ baik itu di dalam hati atau secara lantang namun pelan. Ceritakanlah segala yang kita rasakan, adukan dengan cara berdoa. Maka ketenangan jiwa pasti akan kita dapatkan setelah itu. Percayalah, tiada yang lebih baik dari penghilang masalah kita selain dari Tuhan.

4. Menangis

Sepertinya memang terkesan cengeng sich, tapi tahukah kita bahwa dengan menangis maka kita akan merasakan ketenangan jiwa karena seperti ada beban yang berkurang dari dalam hati kita. Apalagi jika kita menangis bersamaan dengan berdoa setelah melakukan ibadah, mungkin akan lebih terasa afdol.

5. Bercerita dengan orang lain

Meskipun masalah atau ujian yang kita hadapi belum tentu akan langsung hilang, namun dengan bercerita atau curhat dengan orang lain maka seakan-akan menghilangkan beban di pikiran kita. Ceritakanlah permasalahan yang sedang kita hadapi kepada orang yang kita percayai, baik itu orang tua, sahabat, atau kekasih kita.

6. Meminta saran dari orang lain    

Selain bercerita atau curhat, mintalah juga pendapat atau saran dari mereka untuk jalan keluarnya. Meskipun saran itu hanya berupa kata motivasi. Karena selain untuk saran itu sendiri, motivasi juga sangat berguna demi untuk menyemangati hati kita yang tengah merasa gelisah. Tak usah sungkan-sungkan untuk bercerita jika memang itu adalah demi kebaikan diri kita sendiri.

7. Berkomunikasi dengan orang lain

Ketika rasa gelisah menghampiri kita, maka cobalah untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain. Bicarakan apa saja yang bisa membuat kita terbawa ke dalam pembahasan tersebut sehingga kita bisa lebih sedikit melupakan masalah yang tengah kita hadapi yang menjadikan kita merasakan gelisah. Karena dengan menyendiri, pikiran kita malah akan selalu memikirkan masalah tersebut. Bukannya ingin menghindari masalah, tapi jika sering kita pikirkan bagaimana kita tidak merasa gelisah lagi?.

8. Mendengarkan musik

Musik akan membuat hati siapapun menjadi gembira, termasuk dengan orang yang sedang terkena masalah. Karena alunan-alunan dari musik tersebutlah yang akan mengubah suasana hati kita. Dengan catatan, bahwa musik yang sedang kita dengarkan itu bukanlah yang berbau kegalauan. Yang malah akan membuat hati kita yang sedang gelisah akan bertambah gelisah.

9. Tertawa

Jangan sepelekan kekuatan dari tertawa. Meskipun terlihat simpel, namun ternyata tertawa dapat merubah suasana hati kita yang awalnya gelisah. Kita bisa mencari hal-hal yang bisa membuat diri kita tertawa, seperti menciptakan candaan-candaan bersama teman-teman. Asalkan tertawa kita itu ada batasnya ya.

Baca Juga: 16 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

10. Berpikir secara positif

Berpikir positif juga merupakan salah satu cara untuk mengusir rasa gelisah yang melanda hati kita. Sebab yang membuat kita sering merasa gelisah itu adalah karena cara berpikir kita yang sempit dengan menganggap bahwa masalah yang tengah kita hadapi itu tidak ada jalan keluarnya. Namun cobalah berpikir secara positif dengan selalu yakin serta percaya bahwa masalah atau ujian itu pasti akan ada jalan keluarnya dari Tuhan.

11. Sabar

Ketika kita mendapatkan suatu masalah sehingga kita sering merasa gelisah, maka jalan terbaiknya adalah dengan senantiasa bersikap sabar. Mungkin kita perlu bersabar untuk menghadapinya, karena tiada jalan terbaik selain bersabar menunggu pertolongan dari Tuhan. Sebab kita harus percaya bahwa janji Tuhan untuk menolong seluruh umat manusia itu pasti.

12. Cobalah merelaksasikan diri

Untuk membuang rasa gelisah dari dalam hati kita, kita juga bisa mencoba relaksasi diri. Relaksasi itu bisa kita lakukan dengan cara olah pernapasan. Cobalah lakukan hal ini setiap hari untuk menenangkan pikiran kita, karena seringnya memikirkan masalah itu sendirilah yang menjadikan kita selalu merasa gelisah.

13. Melakukan olahraga

Selain untuk menyehatkan badan, ternyata berolahraga juga bisa menyehatkan pikiran kita. Dengan melakukan olahraga, maka kita yang sering merasa gelisah akan menjadi tenang. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Karena di balik jiwa yang sehat terdapat badan yang sehat pula.

14. Lakukan aktivitas di luar rumah

Dengan melakukan aktivitas di luar rumah, maka kita akan lebih di sibukkan oleh kegiatan ketimbang masalah yang sampai mengganggu pikiran kita itu sendiri. Dan mungkin dengan begitu maka perlahan-lahan rasa gelisah kita akan hilang secara berkala.

15. Hindari kebisingan

Kebisingan itu memang mengganggu, terlebih ketika kita tengah banyak pekerjaan sehingga kita tidak bisa berkonsentrasi secara penuh. Apalagi ketika hati kita merasakan gelisah yang sangat luar biasa, maka kebisingan itu malah akan menambah kegelisahan kita saja. Untuk itu cara terbaiknya adalah dengan menghindari kebisingan itu sendiri.

What do you think?

Written by virgo

Jamie Vardy Terima Ancaman Pembunuhan

Barca Kesampingkan Allegri