in

15 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kesehatan sangat di perlukan bagi kita terutama ketika kita punya banyak aktivitas di luar ruangan. Bila kita sehat, maka kita pasti akan bersemangat menjalani hari-hari meskipun aktivitas kita sangat padat. Tentunya kita semua tahu bahwa banyaknya aktivitas membutuhkan tubuh yang sehat agar kita bisa menjalaninya dengan mudah dan selesai tepat waktu.

Kesehatan itu penting, tapi dengan banyaknya aktivitas dan kurangnya istirahat akan membuat tubuh kita mudah capek dan cepat terkena penyakit. Terutama ketika perubahan musim dari hujan ke panas atau sebaliknya, dan di tambah lagi seringnya begadang demi untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka dengan mudah daya tahan tubuh kita akan cepat sekali berkurang.

Berkaitan dengan hal itu, dan setiap permasalahan pasti ada pencegahannya, begitu juga dengan daya tahan tubuh kita ini. Karena sebelum sebuah penyakit datang, sebenarnya kita bisa mencegahnya agar penyakit itu tidak menyerang tubuh kita atau setidaknya sakit yang kita derita bisa segera sembuh. Maka dengan itu kita perlu mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Berikut 15 makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Jeruk lemon

Lemon atau jeruk lemon banyak di kenal oleh masyarakat karena rasanya yang sangat masam. Jeruk lemon juga mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai virus penyakit seperti flu dan batuk. Kita bisa memanfaatkan jeruk lemon ini dengan cara mencampurkannya dengan air hangat atau di buat jus. Selain itu, jeruk lemon juga memiliki manfaat luar biasa lainnya. Di antaranya membantu melarutkan racun, mengatasi penuaan dini, memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker, mengobati tekanan darah tinggi, serta manfaat-manfaat luar biasa lainnya.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak senyawa sulfur termasuk zat yang di sebut alliin, sehingga menjadikan bawang putih terasa getir. Bawang putih juga berkhasiat sebagai antibiotik alami untuk tubuh manusia yang berfungsi sebagai pencegah timbulnya penyakit, dan juga efektif menangani infeksi yang di sebabkan oleh virus maupun jamur. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati jerawat, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah pembekuan darah, mencegah kanker, mengurangi tingkat gula darah, serta masalah-masalah tenggorokan.

3. Coklat

Coklat mengandung zat yang di sebut dengan flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan, yang berguna untuk mengurangi kerusakan sel tubuh kita. Selain itu, makanan yang sangat di gemari jika sudah di olah ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, menghambat penuaan, serta berbagai manfaat lainnya. 

4. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini banyak mengandung vitamin K, vitamin C, vitamin A, serat, folat, dan sebagainya. Warna hijau dalam sayur bayam dapat membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun. Bayam juga bersifat sebagai antibakteri yang mana untuk mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh kita. Vitamin K pada bayam berfungsi untuk membantu merawat kesehatan tulang, vitamin C nya dapat mencegah kolesterol yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, sedangkan vitamin A pada bayam akan membantu untuk  menyehatkan mata kita. Selain itu, bayam juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan senyawa flavonoid pada bayam dapat membantu mencegah penyakit kanker.

5. Brokoli

Brokoli mengandung beta karoten, seng, dan selenium yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Kandungan serat pada brokoli juga dapat membantu melancarkan percernaan, mencegah sembelit, dan juga menstabilkan gula darah. Selain manfaat-manfaat tersebut, sayur brokoli juga punya manfaat lain seperti mengatur tekanan darah, melawan radikal bebas, menjaga sistem saraf, dan juga menjaga kesehatan tulang untuk melawan osteoporosis.

6. Semangka

Seperti halnya jeruk lemon, semangka juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit saat cuaca-cuaca buruk jika kita rajin mengonsumsi semangka. Dan ternyata, semangka juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menyehatkan mata. Selain itu, semangka juga membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan likopen di dalamnya. Serta manfaat lain seperti menangkal radikal bebas, memperkuat tulang, mengurangi lemak pada tubuh, serta membantu ginjal kita agar tetap sehat. 

7. Ikan

Ikan adalah makanan sebagai sumber utama gizi serta protein untuk tubuh kita. Rajin mengonsumsi ikan setidaknya seminggu sekali dapat mencegah penyakit asma, kanker payudara, kanker prostat, kanker tenggorokan, kardiovaskular, depresi, diabetes, anemia, peradangan, serta menyehatkan jantung. Itu semua karena kandungan omega 3 pada ikan yang juga bagus untuk otak serta mata kita. Selain karena rendah lemak, kita sangat di anjurkan untuk mengonsumsi ikan karena kandungan vitamin B kompleks di dalam ikan sangat bagus untuk menjaga metabolisme yang sangat cocok bagi kita yang punya aktivitas padat agar tidak mudah terkena penyakit.

8. Jahe

Jahe adalah tanaman herba yang sudah sejak dulu di percaya untuk menjadi obat tradisional serta penambah bumbu makanan. Minum jahe dapat menghangatkan tubuh bagi yang sedang tidak enak badan. Rajin meminum jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sering kita sebut dengan sistem imun. Ketika sistem imun dalam tubuh kita kuat, maka tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, jahe punya manfaat lain di antaranya mengobati reumatik, alergi, sakit kepala, mual, kanker usus, gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, serta menyehatkan jantung.

9. Madu

Madu di percaya sebagai makanan yang sangat penting untuk memerangi bakteri penyebab penyakit sehingga tubuh kita tidak akan mudah terkena penyakit. Selain itu, madu juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi lengkap, mencegah kanker dan penyakit jantung, meningkatkan daya ingat, mencegah diabetes, meningkatkan stamina, menjaga metabolisme tubuh serta mengobati batuk.  

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Amandel Dengan Bahan-bahan Alami

10. Jamur

Jamur adalah makanan yang menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh kita. Jamur juga rendah akan kalori yang sangat bangus untuk menggantikan daging. Jamur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bersifat sebagai antivirus yang berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh serta agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, jamur juga berguna untuk menjaga berat badan, melawan kanker, dan sumber antioksidan penting yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari penyakit kronis.

11. Buah berry

Buah berry atau yang sering di kenal dengan nama blueberry ini banyak di manfaatkan orang untuk di buat jus. Buah berry banyak mengandung vitamin di antaranya vitamin A, B, C, dan E. Buah berry juga mengandung antosianin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan terdapat manfaat lainnya yang tak kalah penting bagi kita, yakni menghindari penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, mencegah timbulnya kanker, memperkuat tulang, melancarkan percernaan, serta bagus untuk otak kita.

12. Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit yang di karenakan oleh bakteri serta menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan dan menimbulkan penuaan dini. Alpukat juga memiliki manfaat lain di antaranya menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, menyehatkan jantung, mengatur kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, menyehatkan tulang dan gigi, serta menyehatkan mata. Ternyata alpukat juga baik untuk di jadikan sebagai sumber energi bagi tubuh sehingga sangat cocok bagi kita yang punya aktivitas padat.

13. Kelapa

Kelapa yang banyak di manfaatkan orang mulai dari daging serta airnya ini mempunyai kandungan yang berupa asam laurat yang bersifat sebagai anti virus dan anti bakteri untuk mencegah tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Manfaat lain dari kelapa adalah untuk menjaga kadar kolesterol, menangkal radikal bebas, menyehatkan jantung, menyehatkan ginjal, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan dehidrasi serta baik untuk sumber energi tubuh kita.

14. Kesemek

Mengonsumsi buah kesemek dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit akibat perubahan musim seperti flu, batuk, serta pilek. Buah kesemek juga mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk sistem pencernaan. Kandungan kolinnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu, buah kesemek bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme, serta penambah stamina bagi tubuh kita.

15. Ubi jalar

Selain di manfaatkan sebagai makanan pokok karena bisa menambah energi untuk tubuh, ternyata ubi jalar juga menyimpan manfaat lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan beta karotennya. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam ubi jalar berguna untuk mencegah penyakit yang di akibatkan oleh virus dan bakteri. Manfaat lain yang dapat di peroleh dari ubi jalar adalah mencegah diabetes, mengurangi tekanan darah, melancarkan pencernaan, serta baik untuk kesehatan mata.

What do you think?

Written by virgo

Raih Penghasilan Tambahan Dengan Mengajak Teman Anda Bergabung Menulis Di Vebma.com

Bercanda Bawa Bom Dalam Kabin, Penumpang Lion Air Ditahan Petugas Bandara SSK