in

15 Manfaat Rajin Membaca Buku

Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas”. Mohammad Hatta.

Jika buku merupakan jendela dunia, maka membaca buku adalah kunci untuk membukanya. Artinya  dengan membaca buku kita dapat mengetahui hampir seluruh isi dunia. Buku adalah gudang ilmu yang memuat berbagai informasi mengenai kehidupan, dengan membaca dapat membuka wawasan dan menambah kecerdasan kita.

Minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah bahkan berada di posisi dua paling akhir, tertinggal jauh daripada beberapa negara tetangga lainnya. Padahal, Negara kita mempunyai perpustakaan yang cukup bagus yaitu berada pada nomor 35 dari seluruh dunia. Kegiatan membaca   ternyata tidak hanya untuk menambah ilmu pengetahuan saja, selain daripada itu masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari hobi membaca. Dibawah ini ada beberapa manfaat membaca buku yang wajib kamu ketahui agar menambah kecintaanmu terhadap kegiatan membaca.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Setiap buku yang kita baca memuat banyak informasi yang suatu waktu akan berguna. Semakin banyak kita membaca, maka kita akan semakin kaya dengan ilmu, sehingga kita memiliki banyak bekal untuk mengatasi setiap tantangan yang akan dihadapi pada masa mendatang. Ilmu adalah satu-satunya harta benda yang tidak akan pernah bisa dicuri dari kita.

2. Menstimulasi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  dengan membaca dapat mencegah penyakit Alzhemeir, yaitu suatu penyakit yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir. Dengan membaca buku, dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar.

3. Meningkatkan kualitas memori

Membaca  buku  berperan untuk meningkatkan kualitas otak dalam proses mengingat informasi yang telah kita baca. Misalnya saja ketika membaca suatu novel, dimana didalamnya terdapat berbagai macam informasi Karakter, tempat maupun latar belakang. Semua informasi dalam novel tersebut ditampung didalam otak.

4. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

5. Menambah kosa kata

Semakin banyak kita membaca semakin banyak pula kita menemukan kata kata baru. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sosial kita dalam berinteraksi dengan orang orang baru.

6. Mengasah kemampuan menulis

Melalui bacaan kita akan belajar tentang gaya-gaya maupun teknik menulis orang lain, kita dapat meniru hal-hal tersebut agar kemampuan kita menulis menjadi semakin jago.  Lewat buku bacaan kita juga bisa mendapatkan ide yang melimpah  yang berguna sebagai bahan rujukan untuk menulis.

7. Mengurangi stress

Ketika membaca sebuah novel yang mengasyikkan maka pikiran kita akan tersedot kedalam kisah di dalam novel tersebut. Sama halnya ketika membaca artikel yang menarik maka pikiran kita akan terahlikan kepada apa yang sedang kita baca, sehingga kita sejenak akan melupakan masalah yang sedang kita hadapi.

8. Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan gemar membaca mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana kita  bisa mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat hanya melalui buku bacaan. Membaca buku dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

9. Memberikan Ketenangan

Saat membaca sebuah buku atau kita suci yang mengandung nilai nilai kebaikan, akan membuat kita merasakan kedamaian dari apa yang telah kita baca. Sehingga kita akan lebih optimis dalam menjalani hidup karna percaya dengan pesan positif dari buku yang kit abaca.

10. Memperluas pemikiran

Seseorang yang gemar membaca buku memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang suatu saat bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan masalah kita.

11. Membuat hidup jadi lebih semangat

Kita cenderung terpengaruh dengan sudut pandang dari sebuah buku.  Ketika  kita  membaca  buku tentang motivasi maka isi buku tersebut akan memotivasi kita untuk mengatasi berbagai macam hambatan dan rintangan dalam hidup, sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan hidup kita.

12. Menjadi lebih hemat

Dengan membaca buku akan membawa dampak pada segi perekonomian. Caranya melalui buku kita dapat menghemat  daripada harus mahal mahal  membayar uang untuk mencari jasa penyedia informasi atau hiburan, misalnya menonton bioskop.

13. Menjadi penghubung dunia luar

membaca dapat meningkatkan persahabatan dengan dunia luar. Kita  tak  perlu bersusah payah mendatangi suatu tempat untuk mengenal daerah tersebut. Melalui bacaan kita akan memperoleh informasinya hanya dengan duduk atau berbaring santai sambil membaca buku.

14. Meningkatkan empati

Menurut sebuah penelitian, dikatakan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Hal ini  dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang disekitar kita.

15. Sebagai media hiburan

Buku bacaan ada banyak jenisnya. Ada buku novel, buku pengetahuan umum, komik dan lain sebagainya. Kita dapat memilih jenis buku yang kita sukai dan menikmati isinya dengan tenang. Misalnya kita suka membaca buku cerita bergambar maka sebuah komik dapat menjadi media hiburan yang menyenangkan untuk kita dalam mengisi waktu santai.

What do you think?

Written by virgo

Pasangan Mualem-TA Khalid Klaim Menangi Pilkada

Quick Count Mahasiswa Statistik, Irwandi Menang