in

16 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Matahari adalah sumber energi terbesar di dalam tata surya kita. Di dalam susunan tata surya, matahari adalah bintang terbesar yang menjadi pusat dari segala bintang. Matahari terbentuk sejak 4,6 milyar tahun yang lalu. Berdiameter sekitar 1.392.684 km atau setara dengan 109 kali diameter bumi. Matahari terdiri dari hidrogen, helium, oksigen, karbon, neon, besi, dan elemen-elemen penting lainnya.

Matahari sangat bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Karena tanpa matahari, mungkin dunia ini akan terlihat gelap gulita seperti halnya malam hari. Seperti yang kita ketahui, panas sinar matahari sangat berguna untuk membantu proses pengeringan. Sedangkan energinya sendiri mulai di manfaatkan untuk pembangkit listrik, dengan cara mengubah energi panas matahari menjadi listrik seperti halnya yang banyak kita temukan di rumah-rumah. Meskipun belum secanggih pembangkit listrik pada umumnya, namun hal ini membuktikan bahwa sinar matahari dapat di manfaatkan untuk menjadi alternatif energi listrik di masa yang akan mendatang.

Banyak yang menyebutkan bahwa ketika tubuh kita terpapar langsung oleh sinar matahari atau yang sering di sebut dengan ultraviolet, maka akan menjadikan kulit kita menjadi gosong, hitam, berbintik, serta permasalahan kulit lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih menghindari panas matahari agar kulitnya bisa terjaga. Atau setidaknya jika memang terpaksa harus berhadapan dengan sinar matahari, maka orang-orang akan memanfaatkan tabir surya serta lotion yang dapat melindungi kulit agar terhindar dari panasnya sinar matahari.

Tapi selain semua dampak buruk bagi kulit, ternyata sinar matahari juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, terutama pada pagi hari. Oleh karena itu, banyak dari kita yang mau berjemur diri pada pagi hari untuk merasakan manfaatnya. Bukan karena apa, melainkan sinar matahari pada pagi hari sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Inilah 16 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan tulang

Memanfaatkan sinar matahari secara benar yakni pada pagi hari akan membantu kita untuk menyehatkan tulang. Hal ini karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, dapat membantu kita untuk mencegah osteoporosis. Kebanyakan osteoporosis ini menyerang usia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini bisa saja menyerang kita yang masih berusia muda. Demi membantu kesehatan kita, luangkanlah waktu sekitar 15-30 menit pada pukul 7 pagi agar tubuh kita bisa merasakan manfaat matahari pagi.

2. Memperkuat sistem kardiovakuler

Sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kardiovakuler, dimana sistem ini sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan denyut nadi, serta meningkatkan tekanan arteri.

3. Menurunkan berat badan

Paparan sinar matahari pagi akan membantu kita untuk menurunkan berat badan melalui stimulasi tiroid dan dengan cara meningkatkan metabolik yang bisa membakar lemak yang ada pada tubuh kita melalui keringat yang keluar.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh kita karena terpapar oleh sinar matahari pagi secara langsung maka juga akan membantu kita dalam menjaga kesehatan ginjal.

5. Meringankan radang sendi

Radang sendi banyak terjadi karena faktor usia, tapi yang masih muda pun banyak juga yang mengalaminya. Menikmati sinar matahari pagi secara langsung selama 15-30 menit ternyata dapat membantu kita untuk meringankan radang sendi.

6. Memperkuat sistem imun

Sistem imun dalam tubuh kita bisa saja menurun karena faktor kelelahan yang di akibatkan oleh banyaknya aktivitas. Sistem imun dapat membantu kita untuk mencegah berbagai penyakit agar tidak sampai menyerang kita. Dengan menikmati cahaya matahari pagi secara langsung, maka akan membantu kita untuk memperkuat sistem imun agar kita tidak mudah terserang penyakit.

7. Menenangkan pikiran

Cara berpikir yang tenang di pengaruhi oleh tingkat serotonin. Jadi semakin tinggi tingkat serotonin, maka ketenangan pikiran kita juga akan tinggi. Hormon serotonin ini dapat kita tingkatkan dengan cara menikmati sinar matahari secara langsung. Maka dengan cara berpikir yang tenang, maka suasana hati kita bisa lebih positif. Bukan hanya itu, ketika pikiran kita tenang, mental kita juga bisa lebih fokus terhadap suatu hal yang tengah kita hadapi.

8. Mengatasi depresi

Gejala depresi biasanya timbul dengan hilangnya minat untuk melakukan suatu kegiatan, merasa kelelahan atau kurang tenaga, serta sering murung. Untuk mengatasi depresi, kita butuh yang namanya endorfin. Endorfin adalah zat anti depresan alami. Kita dapat memperoleh endorfin alami melalui sinar matahari pagi secara langsung. Dengan begitu matahari akan melepaskan endorfin yang dapat membantu kita untuk mengatasi gejala depresi.

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang tidak normal maka akan mengakibatkan meningkatnya denyut nadi sehingga jantung kita menjadi tidak sehat. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, kita dapat memanfaatkan sinar matahari pagi secara langsung. Yakni dengan cara melebarkan pembuluh darah yang ada di kulit. Maka dengan itu, oksigen akan di bawa menuju sel-sel darah ketika pembuluh darah terbuka. maka jantung kita pun akan menjadi lebih sehat.

10. Menurunkan resiko kanker

Vitamin D yang di sebabkan oleh sinar matahari dapat menurunkan resiko kanker. Dengan cara alami yakni menikmati sinar matahari pagi secara langsung maka akan membantu kita mengurangi resiko segala kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker prostat, dan lainnya.  

Baca Juga: 15 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

11. Menyembuhkan penyakit kulit

Menikmati sinar matahari pagi secara teratur dapat membantu kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eksim, kronis serta yang lainnya. Tapi harap di ingat bahwa menikmati sinar matahari harus secara tepat yaitu pukul 7 pagi selama 15-30 menit. Karena salah-salah kita malah akan terkena kanker kulit.

12. Mencegah diabetes

Vitamin D yang dapat kita peroleh dengan menikmati sinar matahari pagi juga dapat mencegah penyakit diabetes. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa sinar matahari dapat menurunkan kadar gula darah.

13. Memperbaiki kualitas tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kita membutuhkan yang namanya melatonin. Melatonin adalah kelenjar pinea yang berada di dasar otak. Semakin meningkat melatonin kita, maka kualitas tidur kita akan semakin baik. Dan untuk meningkatkan produksi melatonin, kita bisa mendapatkannya melalui sinar matahari pagi secara langsung. Dengan begitu tidur kita akan semakin berkualitas.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat menahan berbagai macam penyakit untuk masuk ke dalam tubuh kita yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, serta virus. Dan dengan sinar matahari pagi yang kita dapatkan, maka akan membantu kita untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dengan begitu tubuh kita tidak akan mudah terkena penyakit.

15. Memperbaiki sistem pencernaan

Sinar matahari pagi dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita sehingga akan memperbaiki sistem pencernaan kita. Dengan begitu kita akan mempunyai sistem pencernaan yang baik.

16. Membantu proses detoksifikasi

Proses detoksifikasi adalah proses keluarnya racun dari dalam tubuh kita melalui darah. Dengan paparan sinar matahari pagi akan membantu kita dalam proses detoksifikasi. Selain itu, sinar matahari pagi juga dapat membantu memperbaiki fungsi hati kita.

What do you think?

Written by virgo

Isco Segera Tinggalkan Real Madrid

GUNAKAN JUGA LOGIKA,Mencintai Orang Yang Salah, Pada Akhirnya Bertepuk Sebelah Tangan