in

180 Pelaku UMKM Ikut Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha KUMKM

Laporan Indra Wijaya | Banda Aceh

PROHABA.CO, BANDA ACEH – UPTD PLUT Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) memberikan pelatihan kepada 180 pelaku UMKM di Banda Aceh dan Aceh Besar tentang penyusunan rencana usaha.
Pada acara pembukaan kegiatan yang digelar pada tanggal 2 November 2022, turut hadir Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh Azhari, S.Ag., M.Si, Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh Ir. Saiful Bahri, MM dan Kepala UPTD PLUT KUMKM Aceh selaku ketua panitia kegiatan Rosti Maidar, SE., M.Si

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh, Azhari mengatakan, pelatihan itu bertujuan agar pelaku UMKM mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun rencana kerja wirausaha untuk lebih terarah serta mampu menciptakan strategi pengembangan usaha dan pengelolaan keuangan yang lebih sehat.

“Kita fokus membina UMKM untuk segmen tersebut pada kegiatan bimtek kali ini, dan kegiatan yang berlangsung sejak 2-5 November ini diisi oleh konsultan UMKM UPTD PLUT KUMKM Aceh sebagai pemateri” kata Azhari, Rabu (2/11/2022).

Ia mengatakan, fokus materi yang diberikan kepada para pelaku UMKM ini berupa penyusunan proposal bisnis, bisnis model canvas, pengelolaan keuangan, menghitung harga pokok penjualan, dan manajerial kewirausahaan.

Selain itu Rosti Maidar Kepala UPTD PLUT KUMKM yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana mengatakan pelatihan ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang sertifikasi produk, agar pelaku UMKM mampu meningkatkan nilai daya saing pada produk dan mentaati izin edar yang berlaku.

Melalui pelatihan tersebut, ia berharap para pelaku UMKM khususnya di Banda Aceh dan Aceh Besar dapat melakukan pengembangan usaha. Mulai dari penguatan kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), jaringan pemasaran, peningkatan kapasitas produksi, pembiayaan, dan mampu menguatkan jaringan kerjasama dari berbagai sektor.

“Secara keseluruhan pada pendampingan ini, kita melatih para pelaku UMKM menjadi pelaku UMKM yang mampu memanajerial kewirausahaannya,” pungkasnya.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Wagub Sumsel ajak masyarakat tingkatkan pola hidup sehat

Dua Perusak Pompa Pengisian BBM SPBU di Pidie Tertangkap di Lokasi Berbeda