in

20 Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Vebma.com – Jeruk lemon merupakan tanaman asli dari benua Asia. Tepatnya berasal dari kaki bukit di gunung Himalaya, India. Namun kemudian, jeruk lemon ini tersebar ke seluruh penjuru dunia seperti pada benua Afrika, benua Eropa, dan juga benua Amerika.

Jeruk Lemon adalah salah satu jenis jenis buah jeruk yang memiliki rasa asam yang sangat khas. Selain itu, bentuk jeruk lemon juga cukup berbeda dengan jenis buah jeruk kebanyakan yang memiliki bentuk bulat. Untuk jeruk lemon, bentuknya cenderung lonjong dan kulitnya pun sangat tipis.

Lemon juga termasuk buah-buahan yang mudah sekali untuk didapatkan. Cukup dengan berkunjung ke pasar-pasar tradisional maka anda akan menjumpai banyak sekali jeruk yang memiliki warna kuning cerah ini. Namun ternyata di balik rasanya yang sangat asam, jeruk lemon memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 20 manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Melancarkan Pencernaan

Jeruk lemon ternyata sangat bagus untuk melancarkan proses pencernaan. Sebab kandungan dalam jeruk lemon dapat membantu melancarkan buang air besar dan juga mengeluarkan racun di dalam tubuh. Selain itu, jeruk lemon juga bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh asam lambung.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lain dari jeruk lemon adalah dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Sebab jeruk lemon juga memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan juga mengurangi rasa depresi atau stres.

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Jeruk lemon juga dapat mengatasi berbagai penyakit ringan seperti batuk, flu, dan juga sakit pada tenggorokan. Cukup dengan mencampurkan air hangat, perasan jeruk lemon, dan juga madu untuk anda yang sedang mengalami batuk atau pun flu. Sedangkan untuk anda yang sakit tenggorokan, berkumurlah dengan air perasan jeruk lemon yang telah ditambahkan dengan air hangat.

4. Menghentikan Pendarahan

Fungsi lain dari jeruk lemon adalah menghentikan pendarahan. Seperti pendarahan pada lubang hidung atau beberapa pendarahan ringan lainnya di tubuh. Untuk pendarahan pada hidung, anda cukup mencelupkan kapas pada air perasan jeruk lemon. Setelah itu, tinggal meletakkannya pada hidung yang mengalami pendarahan. Dan pendarahan pun dijamin pasti akan langsung berhenti dengan cepat.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Perasan air jeruk lemon juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut. Jika anda selama ini sering mengalami bau mulut, air perasan jeruk lemon ini cocok sekali untuk anda pakai setiap hari. Caranya pun sangat mudah. Yakni dengan berkumur-kumur air hangat yang telah dicampurkan dengan air jeruk lemon. Selain bisa membuat nafas anda menjadi wangi, gigi pun menjadi lebih putih dan sehat. Namun jangan terlalu sering, karena penggunaan yang berlebihan juga bisa merusak gigi.

6. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Dengan rutin mengkonsumsi jeruk lemon juga bisa untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Karena di dalam jeruk lemon mengandung banyak sekali senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga menghilangkan racun-racun berbahaya yang berada di dalam tubuh.

7. Mengurangi Lemak Dalam Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk lemon ternyata juga bisa untuk mengurangi lemak di dalam tubuh. Itu berarti jeruk lemon ini sangat baik untuk anda yang sedang memiliki berat badan berlebih. Sebab kandungan vitamin C di dalam jeruk lemon dapat mengubah lemak di dalam tubuh menjadi energi.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat penting lain dari jeruk lemon adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan-kandungan di dalam jeruk lemon berfungsi sangat baik untuk menyerap lebih banyak zat besi di dalam tubuh. Dengan banyaknya zat besi ini maka sistem kekebalan tubuh pun menjadi meningkat dan kuat.

9. Bisa Untuk Mengobati Sakit Maag

Apakah anda termasuk orang yang sering mengalami sakit maag? Jika iya, maka cobalah untuk meminum jeruk lemon saat anda sedang mengalami sakit maag. Sebab kandungan basa yang tinggi di dalam jeruk lemon itu dapat menormalkan kembali asam di dalam lambung.

10. Melembabkan Kulit yang Kering

Air jeruk lemon juga bisa untuk melembabkan kulit-kulit kering di bagian tubuh tertentu. Seperti pada bagian lutut dan juga tumit. Nah jika anda mengalami masalah kulit seperti ini maka coba gunakanlah jeruk lemon untuk melembabkannya. Caranya cukup mudah, pertama potong jeruk lemon hingga menjadi beberapa bagian. Setelah itu, gosokkan jeruk lemon ke bagian kulit yang ingin anda lembabkan sampai benar-benar meresap. Jika sudah selesai, biarkan hasil gosokan tadi sampai mengering tanpa perlu dibilas kembali dengan air.

11. Menghilangkan Minyak Pada Kulit Wajah

Salah satu masalah kulit lain yang dapat diatasi dengan jeruk lemon adalah minyak pada kulit wajah. Kulit wajah yang berminyak dialami hampir oleh setiap orang. Utamanya bagi orang yang sering melakukan kegiatan di bawah terik matahari atau pun yang melakukan kegiatan di luar ruangan. Dengan menjadikan jeruk lemon sebagai masker secara rutin. Maka kulit wajah anda yang biasanya berminyak, bisa menjadi lebih segar dan kesat tanpa minyak.

12. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sensitif. Hal ini jugalah yang memicu timbulnya jerawat dan membuat pori-pori wajah menjadi lebih besar. Namun ternyata, besarnya pori-pori pada wajah dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah. Yakni dengan rutin mengoleskan sari jeruk lemon dingin pada wajah.

13. Menghilangkan Jerawat

Tak hanya dapat mengecilkan pori-pori wajah. Jeruk lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Karena jeruk lemon memiliki kandungan antibacterial yang dapat menghilangkan bakteri-bakteri pemicu timbulnya jerawat. Hebatnya lagi, jeruk lemon ternyata juga dapat menghilangkan flek-flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.

14. Menghilangkan Ketombe

Air perasan jeruk lemon juga bisa untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Caranya dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun. Setelah itu, pakai air jeruk lemon tersebut untuk memijit kulit kepala dan tunggu sampai beberapa menit. Lalu bilas dengan air seperti saat anda memakai shampoo. Lakukan ini secara rutin dan buktikan hasilnya.

15. Memutihkan Gigi

Di dalam jeruk lemon juga terdapat kandungan kalsium yang berfungsi untuk menyehatkan dan juga memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon adalah dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan backing soda. Kemudian pakai campuran ini untuk mengosokkan pada gigi yang berwarna kuning.

16. Dapat Digunakan Sebagai Sabun Cuci Muka

Manfaat keren lain dari jeruk lemon adalah bisa digunakan sebagai sabun cuci muka. Jika anda bosan dengan sabun-sabun pencuci muka buatan pabrik. Tak ada salahnya jika sesekali mencoba mengunakan jeruk lemon sebagai sabun cuci muka.

Karena jeruk lemon juga sangat bagus sekali untuk menghilangkan bakteri dan juga kotoran yang ada dalam wajah. Caranya dengan menggosokan potongan jeruk lemon pada wajah. Kemudian bilas dengan air.

17. Melembabkan Kulit Bibir

Saat kita sedang kekurangan vitamin C di dalam tubuh. Biasanya ditandai dengan timbulnya sariawan dan juga keringnya kulit pada bagian bibir. Hal ini ternyata bisa diatasi dengan mengunakan jeruk lemon. Cukup oleskan sari lemon pada bibir yang kering lalu diam hingga beberapa menit. Lakukan secara rutin jika anda ingin mendapatkan kulit bibir yang lembab setiap hari.

18. Menyegarkan Nafas

Salah satu cara alami yang paling efektif untuk menyegarkan nafas adalah dengan berkumur air jeruk lemon. Selain bisa untuk menyegarkan nafas, dengan berkumur air jeruk lemon juga bisa untuk menyehatkan mulut, gusi, dan juga gigi.

19. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam pada wajah juga bisa diatasi dengan perasan jeruk lemon. Karena di dalam jeruk lemon juga terdapat kandungan yang berfungsi untuk menghilangkan kulit kusam dan flek-flek hitam pada wajah.

20. Menyeimbangkan Tingkat Asam Dalam Tubuh

Mengkonsumsi jeruk lemon juga dapat untuk menyeimbangkan tingkat asam dalam tubuh. Sebab jeruk lemon memiliki kandungan basa yang cukup tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi jeruk lemon, maka produksi asam dalam tubuh akan berkurang. Hal ini yang kemudian dapat membuat kadar asam tubuh menjadi seimbang.

Demikian artikel mengenai 20 manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami tentang manfaat-manfaat yang terdapat pada jeruk lemon.

What do you think?

Written by virgo

20 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Melecut Semangat Anak Muda dengan Agrikultural