in

20 Ribu Peserta, Mikhail Ikhwannov Raih Juara Kompetisi Sains Ruangguru

Mikhail Ikhwannov, siswa SMAN I Sumatera Barat yang berlokasi di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padangpanjang Timur (PPT), mampu meraih medali perunggu pada ajang Kompetisi Sains Ruangguru (KSR).

KSR ini diselenggarakan secara online pada Agustus 2021 dan diikuti lebih kurang 20.000 peserta. Ada enam bidang studi yang diperlombakan yaitu matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi.

Mikhail ikut pada bidang matematika. Lomba ini dibagi atas dua babak, yaitu babak regional dan babak national. “Alhamdulillah bisa masuk ke babak nasional. Di babak ini mendapat medali perunggu,” ujarnya, Kamis, (14/7).

Adapun ruangguru, perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan ini, ternyata memiliki kesan sangat baik bagi bungsu empat bersaudara yang baru saja lulus di SMAN I Sumbar ini.

Bukan hanya lantaran pernah berprestasi di ajang yang diselenggarakan perusahaan ini, melainkan dirinya juga merasakan manfaat atas aplikasi Ruangguru.

“Untuk aplikasi Ruangguru, Mikel (panggilan akrab Mikhail) juga pakai selama setahun dan membeli paket UTBK. Aplikasi Ruangguru ini sangat membantu Mikel untuk belajar UTBK. Alhamdulillah Mikel lulus di Universitas Andalas, Fakultas Kedokteran tahun ini,” tuturnya.

Mikel merupakan satu di antara banyak orang yang merasakan dampak dari aplikasi Ruangguru ini. Dampak yang sangat positif inilah, menyebabkan Pemko Padangpanjang menggandeng Ruangguru di berbagai kerja sama.

Seperti peningkatan kompetensi guru melalui program Teaching Fellowship (ITF). Program ini terbukti mampu meningkatkan kompetensi guru melewati Standar Uji Kompetensi Guru (UKG).

Pemko dan Ruangguru juga bakal memfasilitasi Program Beasiswa Bimbingan Kesiapan Kerja (BKK). Program ini ditujukan pada mahasiswa tingkat akhir atau baru saja lulus, serta para peserta pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) yang masih aktif maupun yang sudah tamat.

Kemudian, menjalankan program Smart Surau. Di setiap lokasi masjid tempat kegiatan Smart Surau, disediakan aplikasi pembelajaran dari Ruangguru untuk seluruh mata pelajaran yang memuat berbagai materi pembelajaran dari tingkat SD hingga SLTA. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas II Disorot

Ubud Folkfest 2022 satukan musik, seni dan budaya di Bali