in

20 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Vebma.com – Kota Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Selain terkenal sebagai salah satu kota Industri di Indonesia. Pulau Batam juga memiliki letak yang sangat strategis dalam bidang pariwisata. Sebab Pulau Batam juga terletak sangat berdekatan dengan dua negara tetangga yakni Negara Singapura dan juga Negara Malaysia.

Tak hanya itu saja, sebab Pulau Batam juga merupakan kawasan free trade zone atau kawasan perdagangan dan pelabuhan yang tidak dikenakan bei cukai. Karena alasan ini jugalah banyak sekali wisatawan asing yang sering singgah di Pulau Batam. Bahkan kabarnya pulau kecil nan elok ini merupakan tempat wisata kedua bagi para wisatawan asing setelah Pulau Bali. Ini tak mengherankan, karena Pulau Batam memiliki banyak sekali destinasi menarik bagi para wisatawan. Berikut kami paparkan 20 tempat wisata di batam yang wajib dikunjungi :

1. Jembatan Barelang

Berkunjung ke Pulau Batam rasanya tak sempurna jika belum berfoto dengan background Jembatan Barelang di belakangnya. Sebab Jembatan yang menghubungkan tiga pulau (Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang) ini merupakan jembatan yang menjadi ikon wisata dari Pulau Batam. Uniknya lagi, ternyata Jembatan Barelang tak hanya satu. Sebab Jembatan Barelang itu memiliki 6 jembatan yang masing-masing juga menghubungkan banyak pulau. Orang Batam biasa menyebut keenam jembatan tersebut dengan nama Jembatan 1, Jembatan 2, Jembatan 3, Jembatan 4, Jembatan 5 dan Jembatan 6. Dan keenam jembatan tersebut juga memiliki jarak yang cukup jauh.

2. Alun-alun Engku Putri

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, tempat yang satu ini sebenarnya juga merupakan pusat pemerintahan di Kota Batam. Sebab Alun-Alun Engku Putri ini juga dikelilingi oleh beberapa kantor pemerintahan seperti kantor Walikota Batam, kantor DPRD, kantor PLN, dan juga kantor Imigrasi. Tak perlu kaku dan canggung jika sampai di tempat ini, karena di tempat ini anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti tempat ibadah, lapangan skateboard, lapangan futsal, dan juga halaman yang sangat luas untuk anda bisa berolahraga saat pagi dan sore hari.

3. Kampung Vietnam

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata favorit warga Batam. Namun jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Batam. Sebab kampung Vietnam ini berlokasi di dekat jembatan 4 Barelang. Dulunya tempat ini merupakan perkampungan bagi para pengungsi dari Negara Vietnam. Namun kini tempat ini sudah tidak dihuni lagi dan hanya ditemukan sisa-sisa bangunan seperti rumah, patung, makam, tempat ibadah, penjara, dan juga beberapa monumen lain yang dibangun oleh para pengungsi Vietnam tempo dulu.

4. Masjid Agung Batam

Jangan heran jika Masjid Agung di Batam ini juga termasuk sebagai salah satu tempat wisata. Karena Masjid Agung Batam ini memiliki bangunan yang sangat unik yakni pada bagian piramidanya. Luas dan sejuknya Masjid Agung Batam ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan wisata religi di Kota Batam.

5. Ocarina Park

Taman Ocarina merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki banyak sekali wahana seperti Giant Wheel Flying Fox, Trampolin, Kiddy Land, Kolam Bangau, dan juga beberapa wahana menarik lainnya. Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah kicir raksasa. Dari atas kicir raksasa ini anda bisa melihat pemandangan Negara Singapura. Dijamin anda tidak akan menyesal jika berwisata ke tempat ini.

6. Pantai Nongsa

Keindahan lain dari Kota Batam adalah dari pantainya. Dan salah satunya adalah pantai Nongsa. Pantai cantik berpasir putih ini terletak di Jalan Hang Lekir, Nongsa, Kota Batam. Selain itu, di Pantai Nongsa ini juga terdapat banyak sekali resort-resort mewah yang biasa disinggahi oleh para wisatawan asing. Seperti Marina Resort, Batam View Beach Resort, dan juga beberapa resort keren lainnya.

7. Pantai Melur

Pantai indah lainnya di kota Batam adalah Pantai Melur. Pantai indah ini terletak di Jembatan 5 Barelang. Memiliki pemandangan yang masih asri membuat Pantai Melur ini sering sekali dijadikan tempat wisata oleh warga Batam. Terutama saat akhir pekan dan juga hari-hari libur.

8. Golden Prawn Bengkong

Pulau Batam juga sangat kaya dengan kuliner lautnya yang sangat lezat. Dan salah satu tempat wisata yang menyediakan kuliner laut khas kota Batam adalah Golden Prawn Bengkong. Di tempat ini anda bisa menikmati berbagai macam makanan laut seperti kepiting, udang, lobster, gonggong, dan juga kerang.

9. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak ini berlokasi di Jl. Teuku Umar, Kampung Seraya, Kota Batam. Di Pantai Sekilak ini anda akan disuguhi dengan sedikit pemandangan yang berbeda dengan pantai-pantai lain di kota Batam. Sebab di sini anda bisa melihat pemandangan pesawat yang bergantian lewat dengan jarak yang cukup dekat. Selain itu, di pantai ini juga menyajikan pemandangan yang indah dengan banyaknya pepohonan hijau yang tumbuh disekitar pantai. Dan ditambah lagi dengan sebuah wahana water sport yang juga bisa anda nikmati.

10. Pantai Marina

Jika sudah puas berjalan-jalan di Pantai Sekilak, Kampung Seraya. Anda juga bisa menikmati pantai lain di Batam yakni Pantai Marina. Lokasinya berada di Tanjung Riau, Sekupang. Lumayan jauh dari pusat kota Batam. Di pantai Marina ini anda bisa menikmati berbagai fasilitas keren seperti Banana Boat, Jet Sky, dan juga beberapa olahraga air lainnya.

11. KTM Resort Batam

Resort ini terletak di Jl. Kolonol Sogieono, Tanjung Pinggir, Sekupang. Di resort ini anda bisa menikmati berbagai fasilitas mewah seperti spa, sajian sea food yang lezat, dan juga penginapan yang nyaman dan asri.

12. Bukit Senyum

Bukit Senyum adalah salah satu tempat wisata favorit para anak muda di kota Batam. Karena di tempat ini anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan Negara Singapura dari ketinggian Bukit Senyum. Tak hanya itu saja, di tempat ini juga tersedia berbagai penjual makanan yang pasti bikin anda ingin berlama-lama di atas bukit ini.

13. Mata Kucing

Mata Kucing sebenarnya merupakan sebuah hutan yang dipadukan dengan kebun binatang. Selain bisa menikmati pemandangan hutan, di sini anda juga bisa melihat beberapa jenis satwa. Wisata Mata Kucing ini juga sering sekali menjadi tempat wisata bagi warga batam pada setiap akhir pekan.

14. Pantai Melayu

Pantai Melayu ini terletak di Jembatan 4  Barelang. Di sini anda bisa melihat indahnya pasir putih Pantai Melayu. Pada sore hari, pantai ini juga sangat cocok untuk anda mengambil beberapa foto keren. Karena pemandangan sunset pada sore hari di Pantai Melayu sangat bagus sekali.

15. Pantai Mirota

Seperti tak ada habisnya pantai di Pulau Batam ini. Puas di Pantai Melayu, anda bisa melanjutkan petualangan ke Pantai Mirota yang berada tidak jauh dari Jembatan 5 Barelang. Pantai ini sangat bersih dan indah. Cocok sekali untuk dinikmati saat hari-hari libur.

16. Pulau Abang Besar

Nah kalau yang ini menjadi sangat diminati karena keindahan pemandangan bawah lautnya. Tempat wisata ini sangat cocok sekali bagi anda yang terbiasa dengan kegiatan Snorkeling. Karena keindahan bawah lautnya dijamin bisa membuat anda benar-benar terpuaskan.

17. Kebun Raya Batam

Kalau tempat wisata ini terletak di Sembulang, Pulau Galang, Kota Batam. Di Kebun Raya ini anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis tanaman Indonesia yang sangat beragam. Kebun Raya Batam ini juga merupakan wisata unggulan dari Kota Batam.

18. Nagoya Hill

Pusat perbelanjaan ini merupakan favorit bagi para wisatawan asing dan juga para pelancong dari Malaysia dan Singapura. Karena di sini tersedia sangat lengkap berbagai jenis barang mulai dari pakaian, makanan, minuman, peralatan rumah tangga, elektronik, dan juga beberapa barang lainnya. Dan pastinya memiliki kualitas barang yang sangat bagus.

19. Pertokoan Jodoh

Selain Nagoya Hill ada juga pertokoan Jodoh yang berada satu komplek dengan Nagoya Hill. Di sini terdapat banyak sekali berbagai pertokoan yang menyediakan berbagai jenis barang. Tempat ini sangat layak untuk menjadi tempat favorit belanja anda. Selain berkualitas, barang-barang di sini juga terkenal cukup murah.

20. Mega Mall Batam Centre

Dan terakhir adalah Mega Mall yang ada di Batam Centre. Letaknya tidak jauh dari Alun-Alun Engku Putri. Mall yang satu ini merupakan salah satu yang terbesar yang ada di Kota Batam. Selain tempatnya yang memang strategis. Mall ini juga menyediakan fasilitas yang sangat lengkap tidak kalah dengan mall-mall yang ada di kota-kota besar Indonesia lainnya.

What do you think?

Written by virgo

Situs Perhitungan Dihack, PA Minta KPU Ungkap Pelaku

20 Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan