in

3 Desa Wisata di Sumbar Raih Juara 1 Beberapa Kategori ADWI Tahun 2023, Berikut Data Lengkap Pemenangnya

PADANG, METRO–Lima desa wisata di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meraih prestasi pada sejumlah kategori pada ajang Anugerah Apresiasi Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang digelar Minggu malam (27/8), di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Yang membanggakan tiga desa wisata berhasil meraih juara 1 pada ajang ADWI tahun 2023 ini. Kategori penghargaan yang berhasil diraih yakni, kategori 10 home stay dan toilet umum terbaik. Di mana Desa Wisata Lawang di Kabupaten Agam berhasil meraih juara 1. Untuk kategori daya tarik pengunjung, juara 1 berhasil diraih Desa Wisata Muntei di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan juara harapan diraih Desa Wisata Nyarai di Kabupaten Padang Pariaman.

Berikutnya, kategori delapan terbaik desa wisata berkembang, juara 1 diraih Desa Wisata Kampung Adat di Kabupaten Sijunjung. Kategori 8 terbaik desa wisata maju, Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang meraih juara harapan.

Penyerahan penghargaan untuk kategori rintisan dan berkembang dan maju desa wisata diserahkan oleh Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo kepada masing-masing pengelola desa wisata.

Untuk Desa Nyarai, penghargaan diterima oleh pengelola wisata, Ritno, Kubu Gadang penghargaan diterima Yuliza. Sedangkan Desa Wisata Kampung Adat diterima oleh Candra Irawan Peto Mulie, Desa Wisata Lawang, penghargaan diterima Bupati Agam Dr Andri Warman dan Desa Wisata Muntei diterima oleh Agustinus Sagari.

Selain meraih sejumlah kategori penghargaan ADWI tahun 2023, juga terdapat dua desa wisata di Provinsi Sumbar berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Dua desa wisata yang memecahkan rekor MURI tersebut, yakni, Perkampungan Adat Sijunjung di Kabupaten Sijunjung dengan kategori rumah gadang berjejer terpanjang dan Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kategori tato tertua.

Penyerahaan penghargaan Rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum MURI, Jaya Suprana kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda.

Gubernur Sumbar melalui Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengapresiasi pencapaian prestasi desa wisata di Sumbar. Di mana tiga desa wisata di Sumbar berhasil meraih juara 1 beberapa kategori. Selain itu dari 14 nominasi desa wisata dari beberapa daerah, Sumbar merupakan daerah terbanyak yang memecahkan rekor MURI malam itu.

What do you think?

Written by virgo

Gubernur Sumsel Resmikan Tiga Jembatan Di OKU

Gelar Konferensi Luar Biasa, Fathan Putra Mardela Terpilih sebagai Ketua KMM Jaya