in

3 Rumah Diterjang Angin

Pohon Tumbang Timpa 2 Motor, Satu Mobil 

Warga Padang mesti tetap waspada di tengah cuaca ekstrem akhir-akhir ini. Selain banjir dan longsor, angin kencang juga mengintai. Seperti terjadi Rabu (20/9). Hujan deras yang merata di Kota Padang seharian, menyebabkan banjir di beberapa kawasan. 

Hujan juga disertai angin kencang yang menyebabkan tiga unit rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang. Longsor juga menimbun badan jalan Padang-Solok. 

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, beberapa titik yang terdampak cuaca ekstrem  yakni di Kecamatan Padang Padang Selatan, Lubukbegalung, Padang Barat,Bungus Teluk Kabung dan Lubukkilangan.

Banjir rata-rata menggenangi permukiman warga kisaran 30-75 centimeter. Di kawasan Jondulrawang banjir mencapai ketinggian 50 sentimeter. Begitu juga di Kompleks Araipinang, Perumahan Batungtaba dan Perumahan Batukasek.

“Memang dari data tim kami di lapangan sejumlah wilayah tergenang banjir, longsor, puting beliung dan ada tiga titik pohon tumbang yang menutupi jalan di Kota Padang,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Edy Hasymi, saat dihubungi Padang Ekspres, kemarin (21/9).

Disebutkannya, pohon tumbang menutupi ruas jalan di Jalan Juanda dan Jalan RA Kartini, dekat banjir kanal dekat SMKN 2, Simpang Haru, dan di Jalan Perintis Kemerdekaan dekat SPBU Jati.  “Pohon tumbang di Jalan Juanda menimpa dua motor dan satu mobil,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, tiga rumah warga di Lubeg  diterpa puting beliung  yakni di RT 03 RW I Tanahsirah. Sementara, longsor menutup sebagian jalan di Jalan Raya-Padang Solok, Lubuk Paraku.

“Tiga rumah warga juga rusak diterjang puting beliung. Kami sudah mendata dan membantu memperbaikinya,” sebut Edy Hasymi.
Ia mengimbau kepada warga Kota Padang untuk terus meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Ya, cuaca akhir-akhir ini dengan cepat terjadi perubahan, terutama ketika hujan. Warga maupun pengendara diharapkan meningkatkan kewaspadaannya. Bagi pengendara, ketika hujan pastikan menghindari pohon-pohon karena sangat berisiko, berhenti sejenak akan lebih aman,” sebutnya.

Pohon Tumbang 

Sementara itu, Selasa (19/9), jalur Padang-Painan atau sebaliknya macet hingga dua kilometer karena ada pohon tumbang di Kecamatan Lubukbegalung. Persisnya di depan  Pantai Karang Tirta. 

Pohon tumbang tersebut menutupi semua badan jalan sehingga jalan tidak bisa dilalui oleh pengendara roda dua maupun roda empat. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.30. Pohon tumbang setelah Kota Padang dilanda hujan deras yang merata. 

Pohon tumbang yang berukuran cukup besar tersebut rebah ke arah jalan raya sehingga dahan-dahannya menutupi semua badan jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Edy Hasymi mengatakan, pihaknya menurunkan 15 personel dengan dua mobil dilengkapi peralatan seperti sinso, kapak  dan alat lainya untuk menyingkirkan pohon tumbang itu.

Sementara itu, Kapolsek Lubukbegalung Kompol Indra Junaidi mengatakan, tidak ada korban jiwa saat pohon tumbang tetapi sempat terjadi kemacetan panjang. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Nilai-nilai Hijrah dalam Menyongsong Perubahan

Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Yangon Myanmar