in

30 ibu hamil Situbondo terjangkit virus HIV/AIDS

Situbondo, Jawa Timur (ANTARA News) – Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi menyatakan 30 ibu hamil yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten ini terjangkit HIV/AIDS.

“Ibu hamil yang terjangkit HIV/AIDS terhitung sejak November 2016 hingga April 2017 yang jumlahnya sudah sampai 30 orang dan sampai saat ini puluhan ibu hamil tersebut dalam pengawasan petugas dinas kesehatan,” kata dia di Situbondo, Kamis.

Fakta itu diketahui setrelah dinas kesehatan di kabupaten ini meluncurkan aplikasi daring untuk memetakan angka kematian ibu.

“Nah dari situlah kami mengetahui 30 orang ibu hamil tersebut lewat aplikasi, karena selain bidan melakukan pendampingan juga melakukan tes darah setiap ibu hamil yang memeriksakan ke bidan maupun Puskesmas,” kata dia.

Abu Bakar menyatakan pihaknya fokus mengobati bayi dalam kandung sang ibu hamil agar tak tertular, sedangkan petugas dinas kesehatan juga fokus mengobati ibunya yang terjangkit HIV.

“Puluhan ibu hamil yang terjangkit HIV/AIDS tersebut sebenarnya dapat disembuhkan dengan syarat mereka kooperatif,” kata Abu Bakar.

Sejak 2010, lanjut dia, jumlah  penderita HIV/AIDS di Situbondo mencapai 741 orang yang sekitar 20 persen di antaranya meninggal dunia.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

Indonesia Day promosikan Indonesia di Maroko

Pengakuan eks-juru masak soal resto “mengakali” minyak goreng