in

468 TPS di Sumsel Gelar PSU dan PSL

BP/IST
ketua KPU Sumsel Kelly Mariana

Palembang, BP

SEBANYAK 468 TPS di Kabupaten Banyuasin, MusiBanyuasin (Muba), Kota Palembang dan Kabupaten OKI, Sabtu (27/4) menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan aman.

“Hari ini 27 April 2019 secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Banyuasin, Musibanyuasoin, Kota Palembang, dan Kabupaten OKI aman dan lancar,” kata  Ketua KPU Provinsi Sumsel, Dra Kelly Mariana.

Diantaranya sebanyak 445 TPS Pemilu susulan, di Kecamatan Suak Tapeh, Kecamatan Betung, Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Tungkal Ilir, untuk pemilu Dapil 2 Kabupaten Banyuasin.

Kemudian ada 1 TPS Pemungutan Suara Ulang di Desa Lebung, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin.

Selanjutnya ada 8 TPS Pemilu Lanjutan untuk pemilu calon anggota DPR RI di Desa Sei Keluang Kecamatan Sei Lilin, Kabupaten Musibanyuasin.

Sebanyak 13 TPS Pemilu Lanjutan untuk pilpres di Kecamatan Ilir timur 2, Kelurahan Sei Buah, Kota Palembang.

Terdapat 1 TPS Pemungutan Suara Ulang di Kecamatan Sei Menang, Bumi Pratama Mandiri, Kabupaten OKI.

“Ini terbukti dari partisipasi masyarakat pemilih melewati 70 persen. Tidak hanya yang PSL, begitu juga untuk gelaran PSU. Semua sudah sesuai prosedur. Surat suara cukup, lebih malahan,” kata Kelly.

Diakui Kelly, untuk petugas KPPS yang bertugas pada pemilu lanjutan ini bakal mendapatkan honor sama seperti halnya mereka menerima pada pelaksanaan hari H tanggal 17 April lalu.

“Sama dengan seperti hari H seperti untuk pendirian TPS, honor. Tapi belum sekarang, tidak secepat itu anggarannya lagi direvisi dan diatur oleh KPU Setempat yang menggelar PSL, karena kalau nunggu revisi KPU RI akan lama,” katanya.

Meski gelaran rekapitulasi suara baru akan dilaksanakan di atas tanggal 5 Mei 2019, Gedung KPU Provinsi Sumsel di Jalan  Pangeran Ratu Jakabaring sudah mengantisipasi dengan memasang kawat berduri hingga sedikit memakan badan jalan aspal.

“Rekap masih menunggu KPU kabupaten/kota, di atas tanggal 5 Mei kita akan mulai bisa menunggu selesai semua atau sudah mulai menyelesaikan rekap separoh kabupaten/kota.” katanya.

Ketua KPU Kota Palembang H Eftiyani SH juga mengatakan pelaksanaan PSL di 13 TPS di Keluraham Sei Buah Kecamatan IT 2 berjalan lancar dan aman. Meliputi TPS 01, 04, 05, 06, 09, 11, 12, 15, 17, 18, 25, 26, 43.

“Alhamdulillah sudah kita pantau PSL hari ini berjalan aman lancar dan sukses, jadi setelah pemungutan suara lanjutan hari ini, tidak ada lagi pemungutan suara lagi, tinggal kita menyelesaikan penghitungan suara di tingkat KPU Kota,” ungkap Eftiyani.

“Kita menjadwalkan rekapitulasi akan digelar 30 April hingga sebelum tanggal 6 Mei 2019, kalau jadwalnya itu sampai tabggal 7 Mei untuk pengamanan sepenuhnya pihak aparat TNI-Polri,” kata Eftiyani.

Eftiyani juga membenarkan untuk petugas KPPS yang bertugas pada pemilu lanjutan ini bakal mendapatkan honor sama seperti halnya mereka menerima pada pelaksanaan hari H tanggal 17 April lalu.

“Honornya sama besarnya dengan waktu pemungutan suara tanggal 17 lalum Cuma agak bedanya. Kalau itu dibayarkan sebelum pemungutan suara. Nah kalau honor yang hari ini dibayarkan sesudah pelaksanaan PSL. Itu sudah kebijakan dari KPU RI untuk melihat riil terlaksana tidaknya PSL itu.  Honor dibayar setelah PSL. Termasuk pembuatan TPS, honor petugas 13 TPS kita ini ikut program PSL serentak Indonesia. Dicairkan dananya setelah PSL digelar,” kata Eftiyani.

DR Yetty Oktariana, Anggota KPU Kota Palembang Divisi SDM dan Parmas mengatakan gelaran PSL ini guna menindaklanjuti rekomendasi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang.

“Tadinya ada 16 TPS yang akan melakukan PSL dari permintaan masyarakat sekarang mengerucut menjadi 13 TPS sesuai rekomendasi Panwascam yang juga harus kita tindak lanjuti,” kata Yetty Oktariana.

Di TPS Jl Sersan Usman Ali Lorong Cempedak ini, tampak hadir Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah memantau langsung sekaligus berdialog dengan masyarakat setempat.

“Kita pantau di TPS-TPS Alhamdulillah sekarang berjalan dengan lancar, dilihat dari masyarakat yang datang antusias sekali dan nanti sesuai dengan jadwal pukul 13.00 selesai, pengamanan juga dari seluruh anggota sengaja kami perbanyak kita harus hadir di tengah-tengah masyarakat agar betul-betul dengan kehadiran kita, merasakan keamanan dan kenyamanan mendatangi TPS.” katanya.

Sementara itu untuk pastikan Pemungutan Suara Ulang (PSU ) dan Pemungutan Suara Sementara (PSS) berjalan dengan lancar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Bawaslu RI lakukan monitoring kesejumlah TPS di Kabupaten Banyuasin, Sabtu (27/4).

Diketahui Kabupaten Banyuain merupakan Kabupaten terbanyak melakukan PSS dengan total 445 TPS dengan melibatkan 104.695 orang Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Dapil IV dan di Empat Kecamatan pada lembar suara Caleg DPRD.

Berdasarkan monitoring yang dilkakukan ke sejumlah lokasi Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan sejauh ini PSU dan PSS berjalan dengan baik dan lancar.

“Prinsipnya kita tetap melayani hak masyarakat dan kita sudah menjalankan peraturan perundang-undangan, dan Alhamdulilah semua berjalan dengan lancar,” kata Ilham.

Sementara Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, berdasarkan monitoring di lapangan partispasi masyarakat telah mencapai 70 perseb lebih pada PSS dan PSU ini.

“Partisipasi masyarakat sudah cukup tinggi, dari 294 DPT sudah hadir 269 artinya sudah 70 persen lebih,” kata Fritz.#osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemasangan Kawat Sepanjang Jalan Menuju Kantor KPU Sumsel Di Protes

KPK Tahan Tersangka Kasus Bakamla