in

5 Jalur Kereta Api Paling Panjang di Dunia

lensaterkini.web.id – Kereta adalah salah satu alat transportasi favorit di dunia. Angkutan ini sering menghadirkan pemandangan yang indah, sesuatu yang belum tentu bisa dilayani dengan sarana transportasi lainnya. Berbicara tentang kereta api, juga harus membicarakan rel kereta api. Berikut adalah negara-negara di dunia yang memiliki jalur kereta terpanjang di dunia.

BACA JUGA : 9 Jalur Kereta Api Paling Menantang di Lalui

Amerika Serikat – 226,427 Km

Jalur kereta api di Amerika Serikat yang pada tahun 2007 memiliki jalur kereta api 226.427 km. Dulu, jalur kereta di negara Paman Sam pernah mencapai 408.833 Km. Umumnya, kereta api di Amerika Serikat digunakan untuk transportasi barang. Dalam hal ini, ada 650 operator kereta barang yang pada tahun 2005 tercatat membawa barang hingga 1,5 miliar Ton-Mil.

Sedangkan untuk melayani orang-orang yang ingin bepergian ke seluruh benua, ini dilayani oleh Amtrak, sebuah perusahaan nasional untuk kereta penumpang. Sedangkan kereta di kota, hanya tersedia di beberapa lusin wilayah metropolitan. Namun, jalur ini tidak saling terhubung sehingga tidak bisa digunakan untuk menyeberangi benua Amerika.

Rusia – 128.000 Km

Rusia menempati urutan kedua di tahun 2006 dengan 128 ribu km jalur kereta api. Kereta api di Red Bear Country dikelola oleh Kereta Api Rusia dan merupakan salah satu tulang punggung ekonomi Rusia. Pada tahun 2007, kereta api di Rusia telah mengangkut 1,3 triliun penumpang dan 1,3 triliun ton barang.

Pada tahun yang sama, industri kereta api Rusia memiliki 19.700 lokomotif, 24.200 kereta penumpang, dan 526.900 kereta barang. Pada tahun 2009, Rusia memiliki 86 ribu Km jalur kereta api untuk transportasi umum. Dari jumlah tersebut, separuh bisa dilalui oleh kereta listrik dan sebagian besar lalu lintas kereta 40 persen lebih banyak memiliki jalur ganda, atau lebih.

BACA JUGA : 6 Jalur Kereta Api Yang Menakjubkan di Dunia

China – 91.000 Km

Transportasi kereta api adalah alat transportasi yang paling umum untuk perjalanan jarak jauh di China dan dikelola oleh Chinese Railway. Semua operasi kereta api dipegang oleh Kementerian Perkeretaapian yang merupakan bagian dari Dewan Negara Republik Rakyat China. Pada akhir tahun 2010, total cakupan jalur kereta api di negara Tirai Bambu mencapai 91 ribu Km yang menjadikannya sebagai negara kereta api terbesar ketiga di dunia.

Pada tahun 2009, Chinese Railway memiliki 603.082 kereta barang, 49.355 kereta penumpang, dan 18.922 lokomotif. Dengan jumlah ini, ada 38 ribu kereta harian di China dengan 3.500 kereta penumpang di dalamnya. Pada tahun 2008, Dewan Negara China menyetujui 292 miliar dolar AS untuk investasi kereta api sampai tahun 2020. Targetnya pada 2012 jalur kereta api negara itu akan mencapai 110 ribu Km.

India – 64,215 Km

Semua operasi kereta api di India ditangani oleh organisasi milik negara, Indian Railways. Dengan jalur kereta api yang panjang hingga 64.215 Km, Kereta Api India mengelola jalur kereta api dengan jalur terpanjang keempat di dunia. Setiap tahun, Perkeretaapian India melayani 6 miliar penumpang dan lebih dari 350 juta ton barang di 28 negara bagian dan wilayah serikat regional.

Perkeretaapian India juga menyediakan layanan terbatas ke Nepal, Bangladesh dan Pakistan. Jumlah ini meningkat setiap tahunnya. Kereta api mulai diperkenalkan di India pada tahun 1853 dan terus berkembang ketika negara Hindustan memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1947.

BACA JUGA : 10 Stasiun Kereta Api Yang Paling Tua Di Indonesia

Kanada – 57.216 KM

Kanada telah mengembangkan sistem kereta api yang bagus dan besar sehingga sekarang menjadi pembawa transportasi utama. Ada 2 perusahaan utama yang memiliki sistem transportasi lintas benua, yaitu Canadian National and Canadian Pacific Railway. Layanan untuk penumpang, yang disediakan oleh perusahaan mahkota federal, Via Rail.

Tiga kota di Kanada memiliki layanan kereta api komuter, Montreal dikelola oleh transportasi Agence métropolitaine de, Toronto yang dikelola oleh GO Transit, dan Vancouver yang dikelola oleh West Coast Express. Dengan panjang jalan mencapai 57.216, Kanda adalah negara kelima yang memiliki jalur rel terpanjang di dunia. Jalur sepanjang 129 km ini bisa digunakan untuk kereta listrik.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading…

What do you think?

Written by virgo

4 Keistimewaan PNS Yang Diterima Selama Bulan Ramadhan

Sebaiknya jangan konsumsi ikan ini