in

5 Menu Populer dan Menyehatkan di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah yang ditunggu umat muslim di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Mengapa tidak ? di bulan ini umat muslim merayakannya dengan suka cita untuk berlomba mendapat pahala dari Allah SWT.

Para umat muslim tentu akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Dimana akan banyak sekali menu makanan dan minuman sehat yang siap untuk disajikan menjelang berbuka puasa baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Dan diantara banyak menu yang ada, tahukan anda ? bahwa terdapat 5 Menu Populer dan juga Menyehatkan yang paling di cari di Bulan Ramadhan dari tahun ke tahun, diantaranya adalah :

1. Kurma

Buah yang bernama latin Phoenix dactylifera ini adalah buah populer Timur Tengah yang kerap dicari di Bulan Ramadhan. Rasanya yang manis bisa mengembalikan energi setelah seharain melakukan aktivitas selama bulan puasa. Selain itu kurma juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan.

2. Kolak

Menu makanan yang satu ini adalah menu khas Indonesia  yang tidak kalah popular saat Bulan Ramadhan. Dengan campuran santan dan gula aren, kolak bisa disajikan menggunakan pisang, ubi, singkong, biji salak, kolang-kaling dan ubi ungu. Manfaat kolak pun menjadi penting terutama bagi anda penggemarnya, yaitu bisa memperbaiki mood dan membantu pencernaan dalam tubuh.

3. Gorengan

Makan ringan yang tersebar di seluruh penjuru ini juga menjadi primadona di Bulan Ramadhan. Dengan berbagai jenis isiannya seperti pisang, tempe, tahu. Serta berupa risoles, molen dan bakwan, menu makanan berlapis tepung ini pun menjadi menu berbuka puasa yang di cari untuk di sajikan bersama keluarga. Tetapi jangan sampai salah pilih gorengan yang akan anda sajikan, karena gorengan dengan minyak sayur lah yang memiliki manfaat seperti kandungan Omega-6 yang dapat menyehatkan jantung serta mengurangi kolesterol.

4. Aneka Es

Jika berbuka puasa tanpa minuman yang segar, mungkin akan kurang melengkapi ibadah puasa. Aneka macam minuman es yang popular di Bulan Ramadhan  sangat beragam, diantaranya seperti es teh manis, es sop buah, es belewah, es timun suri, es cincau, es kolang-kaling sampai es kelapa muda. Selain menghilangkan dahaga selama seharian berpuasa, ternyata terdapat manfaat lain dalam kandungan es tersebut. Seperti melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dan menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

5. Jajanan Tradisional

Nah, ada satu menu lagi yang tidak akan ketinggalan di Bulan Ramadhan yaitu berbagai macam jajanan tradisional seperti dadar gulung, lemper, kue lumpur, kue lapis, klepon, onde-onde, bacang, pecel, sampai bubur kacang hijau. Jajanan tradisional ini pun masih banyak lagi sesuai ragam jenisnya di daerah masing-masing. Karena seperti di ketahui kuliner jajanan tradisional di Indonesia sangatlah banyak variannya. Selain jenisnya yang sangatlah beragam kandungan rendah lemak dan banyak serat dalam jajanan tradisional dapat menyehatkan tubuh dibandingkan menu makanan dengan tinggi lemak, selain itu menu makanan ini juga tersaji alami tanpa bahan kimia.

Jadi itulah 5 Menu Paling Pupuler dan menyehatkan di Bulan Ramadhan, dengan menu makanan yang di gemari setiap harinya akan menambah semangat ibadah puasa yang dijalankan. Selain itu pula, kandungan dari masing-masing menu makanan akan memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh yang mengkonsumsinya.

Tags: Makanan Kuliner, Ramadhan

Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Wali Kota Dumai Jadi Tersangka

Angkasa – Akulah Yang Bisa