in

5 Menu Sarapan Orang Indonesia Beserta Kalorinya

Berbicara tentang sarapan yaitu kegiatan mengonsumsi makanan utama pada pagi hari. Biasanya, waktu sarapan dimulai dari jam 06.00 – 10.00 pagi. Ketika sarapan, kamu sebaiknya menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan seperti makanan yang memiliki kadar serat yang tinggi -sayur dan buah- serta makanan yang memiliki protein yang cukup namun dengan kadar lemak yang rendah – telur-.  Berbeda dengan versi menu sarapan orang Indonesia, mereka terbiasa sarapan dengan menu makanan berat seperi nasi uduk, nasi kuning dan lain-lain. Benarkan? Sebaiknya ketika memilih menu sarapan, kamu harus lebih memerhatikan kandungan kalori yang terdapat pada menu sarapan yang kamu konsumsi. Yuk, ketahui menu sarapan versi orang Indonesia beserta kalorinya berikut ini:

1. Nasi uduk

Nasi uduk

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Nasi uduk merupakan makanan berbahan dasar nasi putih yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas. Biasanya, nasi uduk dihidangkan dengan telur dadar, tempe oreg, goreng bawang, kerupuk dan lain-lain. Ternyata, perkiraan kalori yang terkandung pada nasi uduk untuk satu porsinya (±160 gr) adalah 260 kkal (32,84 gr karbohidrat, 12,95 gr lemak, dan 4,07 gr protein).

2. Bubur Ayam

Bubur ayam

Berbicara tentang bubur ayam biasanya ada dua tipe cara orang menyantap menu yang satu ini yaitu  “tipe yang di aduk dan tipe yang disantap langsung tanpa di aduk”. Lalu, kamu tipe yang mana nih? Banyak orang yang menjadikan bubur sebagai menu sarapannya tiap hari selain rasanya yang lezat bubur dirasa ringan untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tapi, sudah tahukah kamu kalori yang terkandung dalam satu mangkok bubur? Ini dia perkiraan kalori dan kandungan gizi dari semangkok bubur adalah 372 kkal dengan 36,12 gr karbohidrat, 12,39 gr lemak, dan 27,55 gr protein.

3. Nasi goreng

Nasi goreng

Perkiraan kandungan gizi nasi goreng perporsi -149 gram- adalah Kalori 250 kkal (31,38 gr karbohidrat, 9,28 gr lemak dan 9,39 gr protein). Secara umum kandungan gizi dalam satu porsi nasi goreng ini cukup baik. Namun, yang harus kamu perhatikan kandungan lemak yang dihasilkan dari minyak goreng yang cukup tinggi apalagi jika kamu menggunakan minyak goreng bekas. Wah, jadi lebih selektif lagi ya dalam memilih bahan yang akan digunakan dalam membuat nasi goreng.

3. Nasi Kuning

Nasi kuning

Selain biasa disajikan dalam acara-acara besar seperti ulang tahun atau kegiatan syukuran, nasi kuning biasa dijadikan menu sarapan oleh sebagian orang. Apa kamu salah satunya? Tak jauh berbeda dengan nasi uduk, nasi kuning biasanya disajikan dengan tempe oreg, teri dan telur dadar. Bagi kamu yang terbiasa menjadikan nasi kuning sebagai menu sarapan andalan, ini dia perkiraan kalori yang terkandung untuk satu porsinya (105 gr) adalah 110 kkal ( 21,9 gr karbohidrat, 0,18 gr lemak, dan 1,98 gr protein).


5. Lontong sayur

Lontong sayur

Perkiraan kandungan gizi per porsi-400 gram- adalah 357 kkal (59,1 gr karbohidrat, 8,39 lemak dan 11,11 gr protein). Jika diliat dari kandungan gizi yang terdapat dalam satu porsi lontong sayur ini, bagi kamu yang dalam program menurunkan berat badan rasanya kurang tepat jika menu yang satu ini dijadikan sebagai menu sarapan kamu setiap paginya. Karena, tingginya kandungan lemak jenuh. Selain itu, tidak baik juga bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Jadi, setelah mengetahui kalori dari masing-masing menu sarapan di atas. Menu makanan mana yang akan kamu pilih untuk sarapan kamu di pagi nanti. Dianjurkan sebaiknya ganti menu sarapan kamu dengan sayur, buah dan makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi lainnya. Semoga bermanfaat!

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lady Gaga Kembali Siapkan Album Baru

Edinson Cavani Selamatkan PSG