in

6 Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel (Harga Asli, Tanpa Syarat, dll)

Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel – Mendapatkan diskon pasti menyenangkan, karena kamu bisa mendapatkan item dengan harga yang terjangkau. Tapi tidak semua orang bisa menghitung diskon dengan benar, Anda bisa menggunakan Excel untuk menghitung diskon. Berikut adalah panduan dan cara menghitung rumus diskon di Excel.

Rumus di Excel dihitung menggunakan rumus. Rumus untuk menghitung debit tentu berbeda dengan perhitungan atau penambahan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

Mengapa menghitung diskon menggunakan Excel?

Mengapa Menghitung Diskon Menggunakan Excel

Pengurangan sebenarnya dapat dihitung dengan apa saja secara manual, menggunakan kalkulator, atau menggunakan aplikasi lain. Memilih Excel lebih mudah karena dapat digunakan di semua perangkat, baik ponsel maupun komputer.

Excel juga menyediakan rumus untuk menghitung diskon lebih detail. Tidak hanya rumus yang terkait dengan deduksi normal, tetapi juga deduksi bersyarat. Ada banyak cara menghitung rumus dengan excel, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara menghitung diskon di Excel

1. Hitung item setelah mendapatkan diskon

Hitung item setelah mendapatkan diskon

Untuk menghitung item mana yang mendapatkan diskon, Anda harus tahu dulu berapa banyak yang mereka berikan. Misalnya Anda membeli laptop seharga 4,5 juta rupiah. Ketika Anda membeli laptop Anda, Anda mendapatkan diskon 25 persen.

Maka Anda harus terlebih dahulu memasukkan harga laptop ke dalam sel dan kolom di Excel. Misalnya, Anda bisa memasukkan harga laptop di kolom B2 dan diskon di kolom C2.

Untuk menghitungnya, cukup gunakan rumus = B2 * C2. Dengan rumus ini, hasil yang diperoleh adalah Rp1,125 juta sebagai pengurang. Jadi, harga laptop yang harus Anda bayar adalah Rs 3.375.000.

Lihat juga: Rumus rata-rata di Excel

2. Hitung harga asli barang sebelum diskon

Hitung harga asli barang sebelum diskon

Selain menghitung rumus diskon di Excel, Anda juga bisa menghitung harga asli barang sebelum didiskon. Misalnya, dalam kasus pembelian laptop sebelumnya, harga yang harus dibayar adalah 3.375.000.

Harga ini sudah termasuk diskon 25 persen, karena penasaran ingin tahu harga asli laptop tersebut. Rumusnya adalah (B2 * C2) / (100% -C2). B2 adalah kolom harga laptop, sedangkan C2 adalah diskon yang didapat.

Dengan perhitungan tersebut, didapatkan hasil berupa laptop original dengan harga 4,5 juta rupiah. Cukup tambahkan 3,375 juta dengan 1,125 yang merupakan harga diskon yang Anda dapatkan.

3. Bagaimana cara menghitung diskon ekspres

Cara menghitung diskon ekspres

Jika Anda malas menggunakan rumus atau nama kolom di Excel, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menghitung langsung dari harga dan diskonnya. Cara ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin cepat menghitung diskon.

Berbeda dengan cara sebelumnya dimana anda harus memasukkan harga pada kolom excel, cara menghitung rumus diskon di excel anda hanya perlu memasukkan angka harga dan diskon yang anda dapatkan.

Misalnya Anda mendapat diskon 20 persen, lalu 100 persen dikurangi 20 persen, dan hasilnya 80 persen. Kalikan 80 persen dengan 125.000 pada tingkat awal, harga yang harus Anda bayar adalah Rs 100.000.

4. Bagaimana cara menghitung diskon tanpa syarat

Cara menghitung diskon tanpa syarat

Ini digunakan jika Anda ingin menghitung debit reguler tanpa persyaratan khusus. Misalnya, jika Anda ingin membeli barang seharga 125 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan diskon 20 persen untuk pembelian tersebut.

Untuk menghitungnya, Anda hanya perlu menghitung 125.000 x 20 persen, dan hasil yang akan Anda dapatkan adalah Rs 25.000. 25K adalah diskon yang akan Anda dapatkan, jadi 125K dikurangi 25K, hasilnya adalah 100K.

Maka Anda hanya perlu membayar 100.000 rupee untuk mendapatkan kembali barang dagangan yang telah Anda beli. Anda juga dapat menghitung pengurangan tanpa syarat ini di aplikasi kalkulator atau sejenisnya, tidak harus di Excel.

5. Perhitungan Diskon Ganda

Perhitungan diskon ganda

Terkadang ketika Anda membeli suatu barang, Anda mendapatkan diskon ganda, misalnya diskon 50 persen plus diskon 20 persen. Meskipun Anda mendapatkan dua diskon, sebenarnya Anda tidak mendapatkan diskon 70 persen.

Cara menghitung rumus diskon di Excel untuk pengurangan ganda tidaklah sulit. Logikanya, Anda akan mendapatkan diskon 50 persen untuk pembelian barang-barang manufaktur. Kemudian hasilnya akan dikurangi lagi dengan diskon 20%.

Cara menghitungnya sederhana, misalnya Anda membeli barang seharga 300 ribu, dan diskon 50 persen yang Anda dapatkan akan membuat Anda membayar Rs 150 ribu. Kemudian 150.000 ini dikurangi lagi dengan diskon 20 persen lagi.

Hasil yang akan Anda dapatkan tentunya membutuhkan rekening kedua, 20 persen dikalikan 150 ribu rupiah, maka hasilnya 120 ribu rupiah. Jadi, Anda hanya perlu membayar 120 ribu rupiah.

Lihat juga: Cara menghapus font di Excel

6. Perhitungan Diskon Bersyarat

Akun Diskon Bersyarat

Diskon lain yang sering didapatkan adalah diskon bersyarat, diskon ini diberikan kepada mereka yang membeli barang dengan jumlah tertentu. Jika pembelian Anda tidak memenuhi pembayaran minimum, Anda tidak akan mendapatkan diskon.

Diskon tersebut juga memberikan syarat bahwa semakin banyak pembelian, semakin banyak diskon yang akan Anda dapatkan. Cara menghitung rumus diskon di Excel saat mendapatkan diskon bersyarat tidak begitu sulit.

Misalnya, Anda akan mendapatkan diskon 10 persen jika membelanjakan kurang dari satu juta rupiah. Lain halnya jika Anda berbelanja antara 1-10 juta rupiah, Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 15 persen. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

Total harga belanja yang akhirnya Anda beli adalah 1.050.000, Anda mendapatkan diskon 15 persen. 1.050.000 dikalikan dengan 15 persen, maka Anda mendapatkan diskon sebesar 157.500 rupiah. Harga yang Anda bayarkan hanya 892.500 rupee.

Fitur Excel

Fitur Excel

Bagi yang masih bingung dengan Excel untuk menghitung diskon, ada baiknya untuk mengetahui kelebihannya terlebih dahulu, beberapa di antaranya adalah:

1. Penampilan sederhana

Excel adalah aplikasi yang memiliki desain sederhana dan penyajian yang mudah dipahami. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan aritmatika dengan Excel bisa langsung menggunakannya sambil belajar.

2. Fitur Lengkap

Selain dapat digunakan sebagai cara menghitung rumus diskon di Excel, Excel juga dapat digunakan untuk menghasilkan data grafik. Tidak semua aplikasi menyediakan fitur biner seperti ini, sehingga Anda dapat menggunakan Excel untuk melihat data secara bersamaan.

3. Data dapat disimpan

Kerugian dari kalkulator adalah ketidakmampuannya untuk menyimpan data yang dihitung. Tidak seperti Excel, Anda dapat menyimpan banyak data akun tanpa takut dihapus. Hal ini tentu saja memungkinkan Anda untuk membuka kembali data akun yang telah dibuat sebelumnya.

4. Dapat dioperasikan dengan mudah

Selain digunakan dengan rumus dan logika, Excel juga dapat digunakan untuk memberikan perhitungan langsung menggunakan simbol. Anda juga dapat melihat berbagai rumus yang digunakan Excel dalam panduan kolom.

Lihat juga: Cara belajar Excel

Ada banyak cara menghitung rumus diskon di Excel, Anda bisa memilih rumus yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menginstal aplikasi ini di perangkat seluler atau desktop Anda, sehingga dapat dibuka kapan saja saat Anda membutuhkannya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Penutupan ASEAN Para Games XI Tahun 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, 6 Agustus 2022

Dukungan Menggalir dari Masyarakat, Pemuda, Politisi, Pendirian BNK di Pessel