in

7 Obat Tradisional Penyembuh Gigi dan Gusi Bermasalah

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Itu mungkin yang dikatakan dalam musik dangdut. Tapi bagi kalian yang sudah pernah merasakan keduanya pasti lebih memilih sakit hati ketimbang sakit gigi. Karena sebenarnya lebih terasa sakit ketika sakit gigi ketimbang sakitnya hati yang bisa terobati seiring berjalannya waktu.

Selain dengan obat-obatan kimia, ternyata sakit gigi juga bisa diobati dengan beberapa tanaman yang sering kita jumpai loh. Beberapa di antaranya bahkan sering kita jumpai di keranjang bumbu dapur. Yuk tengok apa aja obat sakit gigi tradisional yang katanya lebih mujarab dari obat-obatan kimia dari dokter, berikut ini.

1. Kulit Andong

Tanaman yang umumnya berwarna merah dan sering kita jumpai di kompleks pemakaman ini ternyata bisa menyembuhkan sakit gigi. Terutama untuk gusi sakit dan gigi berlubang. Kulit tanaman andong polisakarida, saponin, flavonoid, poliferol, dan kalsium oksalat yang berfungsi mengobati radang pada gusi.

Cara pembuatannya ada dengan mengunyah kulit tanaman andong bersama dengan sedikit garam dan membuangnya setelah rasa sakitnya berkurang. Ini dilakukan pada gusi yang bermasalah. Tapi jika rasa sakitnya berasal dari gigi berlubang, maka kulit tanaman andong yang telah dihaluskan bersama garam, dimasukkan ke dalam lubang pada gigi yang sakit.

2. Akar kangkung dan Air Belimbing Wuluh + Cuka

Kangkung ternyata nggak cuma bisa ditumis saja. Sayuran hijau ini juga bisa dipakai untuk mengobati gigi loh. Terutama pada bagian akarnya. Iya, akar kangkung yang direbus dengan air belimbing wuluh ditambah cuka dapat mengobati gigi pada bagian sarafnya. Ramuan akar kangkung ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi yang berlubang. Kenapa? Karena akar kangkung mengandung protein, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A dan B2, serta Niacin dan zat lain yang sangat ampuh mengusir rasa sakit pada penderita sakit gigi.

3. Air Lemon dan Air Jahe

Suka dengan air perasan atau jus lemon? Nah, buat kalian yang menderita sakit gigi dan suka dengan minuman yang sedikit masam ini bisa coba mengobatinya dengan air lemon, Guys. Cara pengobatannya adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan garam dan sedikit air jahe ke dalam segelas air hangat. Gunakan ramuan obat ini untuk berkumur hingga gigi yang sakit menjadi sedikit berkurang atau bahkan sembuh. 

Kandungan asam sitrat, asam askorbat dan vitamin C pada air jeruk lemon dapat memperbaiki jaringan yang terluka karena infeksi. Sedangkan air jahe dalam ramuan ini berfungsi sebagai anti radang untuk gusi dan gigi berlubang karena mengandung senyawa phenol. 

4. Biji Bunga Matahari dan Air Jeruk Nipis

Selain bagus untuk kulit, biji bunga matahari juga menyimpan khasiat sebagai penyembuh gigi atau gusi yang bermasalah. Proses pembuatan ramuannya pun tidak terlalu sulit. Cukup dengan menghaluskan beberapa biji bunga matahari bersama garam dan sedikit air jeruk nipis, kemudian gunakan untuk berkumur atau diminimun maka gigi atau gusi yang bermasalah jadi sembuh. Tunggu beberapa menit tentunya. 

Biji bunga matahari mengandung serat, Vitamin E, Folat dan magnesium yang sangat berkhasiat dapat meringankan dan menyembuhkan peradangan serta dapat melindungi fungsi saraf pada gigi. Sedangkan air jeruk nipis dengan kandungan asam sitrat dan asam askorbatnya dapat memperbaiki jaringan gusi yang terkena infeksi.

5. Bawang Merah dan Air Jeruk Nipis

Salah satu bumbu yang selalu menjadi bahan inti ketika memasak adalah bawang merah. Dan ternyata, saudara si bawang putih ini dapat menyembuhkan radang yang terjadi akibat sakit gigi. Ini karena bawang merah punya kandungan allisin, allilin, alipropil, disulfide, fitosterol, dan flavonol yang sangat berkhasiat menyembuhkan aneka peradangan terutama radang di dalam jaringan kulit.

Caranya adalah dengan menghaluskan bawang merah dengan tambahan sedikit air jeruk nipis, hingga adonan dapat dibuat menjadi bulatan. Iya, setelah halus dan kalis, adonan bawang merah tadi dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian ditaruh pada gigi yang berlubang. Sudah, mudah bukan cara pengobatannya.

6. Lada Hitam dan Garam

Lada hitam atau yang lebih umum dikenal dengan merica dapat menyembuhkan luka pada gigi dan dapat pula meredakan rasa nyeri akibat gangguan pada gigi. Ini karena lada hitam mengandung zat pereda rasa nyeri bernama niacin serta vitamin A, E, dan K yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Cara pembuatan obatnya pun mudah. Hanya dengan menghaluskan lada hitam bersama dengan sedikit garam dan sedikit air, kemudian dioleskan pada gigi yang berlubang, maka rasa nyeri pada gusi dan gigi akan segera hilang. 

7. Kunyit dan Kayu Putih

Kunyit berukuran sedikit besar yang dicelupkan pada campuran minyak kayu putih dan air garam juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Tapi kunyit ini tidak dikunyah ya, melainkan diselipkan di antara gigi yang sedang sakit. Senyawa diarilheptanoid serta kandungan minyak atsiri, damar, kalsium, dan aluminium di dalam kunyitlah yang memiliki fungsi sebagai anti infeksi sekaligus sebagai antibiotik pada luka di lubang gigi. 

Nah, itu tadi tujuh ramuan tradisional yang ampuh mengobati gangguan pada gigi dan gusi. Tapi ingat, konsultasi dokter pastinya penting ya, jika kondisi gigi atau gusi masih belum ada perubahan, karena obat herbal berfungsi sebagai pertolongan pertama aja.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Aparatur Negara Diimbau Tidak Menambah Cuti Lebaran

8 Foto Menakjubkan Kehidupan di Kutub