in

7 Tips Liburan Bareng Keluarga Besar. Dijamin Nggak Ribet

Merencanakan liburan sendiri atau cuma berdua sih nggak pusing. Tapi kalau membawa rombongan dan itu adalah keluarga besar, banyak hal yang harus dipikirkan sejak awal biar nggak ribet sepanjang perjalanan yang bisa-bisa berujung dengan pertengkaran yang mengenakkan.

Biar hal-hal buruk nggak sampai terjadi, rencanakan liburan keluarga kamu dengan sebaik mungkin. Coba tujuh tips berikut ini biar liburanmu sukses dan semua pulang dengan hati gembira.

Beri Pilihan Tujuan

Nggak semua orang mau ke Yogyakarta, nggak sedikit pula yang sudah bosan ke Bali. Lalu harus ke mana? Biasanya, soal tujuan wisata ini yang jadi perdebatan tiada akhir. Lalu bagaimana solusinya?

Berilah beberapa pilihan kota tujuan dan alasannya apa saja. Kalau nggak ada satu orang yang mau memberikan pilihan, nggak akan ketemu jalan keluar. Jadi kamu yang harus jadi penentu, sebaiknya ke mana dan alasannya mengapa.

Pertimbangkan Usia Peserta

Untuk memilih mau liburan ke mana, cek dulu rentang usia anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan kali ini. Jika ada lansia dan balita, tentu kamu nggak bisa mengajak mereka ke tempat-tempat yang ekstrem dan butuh tenaga besar.

Bikin Seragam

Boleh berupa t-shirt atau topi atau benda yang bisa membuat kamu mengenali keluarga dengan baik. Tips ini akan sangat berguna ketika liburan keluarga besar kamu diikuti oleh lebih dari 20 orang. Dengan seragam atau tanda pengenal, risiko kehilangan anggota keluarga akan mengecil. Kamu akan lebih mudah mencari mereka ketika di keramaian dan rombongan harus segera beranjak. 

Pilih Hotel atau Guest House?

Tergantung jumlah peserta. Jika memang lebih dari 20 orang, kamu bisa memilih villa atau guest house yang memiliki kamar banyak. Dengan menginap di satu rumah yang sama, keakraban antar keluarga akan lebih terasa dibandingkan dengan hotel. Namun jika peserta terbatas atau di lokasi wisata tidak ada villa/guest house yang memadai. Maka hotel dengan room yang luas adalah pilihan terbaik.

Pakai Jasa Travel Lokal

Untuk memudahkan urusan di kota yang kamu kunjungi, pakailah jasa travel yang sesuai dengan tujuan wisata. Dengan memakai travel, kamu nggak perlu pusing mikir transportasi dan konsumsi selama berada di lokasi wisata.

Nggak perlu paket lengkap, yang kamu butuhkan hanyalah menyediakan transportasi selama di lokasi dan memberikan saran harus makan di mana. Selebihnya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginan.

Tunjuk Koordinator Tiap Rombongan

Jika yang berangkat jumlahnya lebih dari 20, buatlah beberapa kelompok yang terdiri dari sepuluh orang dengan masing-masing satu koordinator. Para koordinator inilah yang akan menyampaikan jadwal liburan, mengumpulkan peserta dan memberikan informasi secara lebih detail. Namun jika rombongan kurang dari 20 orang, cukup 1 orang saja menjadi koordinator untuk semua.

Pesan Tiket Pesawat Sejak Jauh Hari

Jangan memesan tiket secara mendadak, apalagi kalau rombongan kamu lebih dari 10 orang, agar tidak terpencar satu penerbangan dengan penerbangan lainnya.

Segera setelah mendapatkan daftar peserta, langsung cek Traveloka tiket pesawat yang mudah diakses dari mana saja. Membeli tiket pesawat di Traveloka nggak ribet meski kamu membeli dalam jumlah besar. Namun tentu kamu harus mempertimbangkan jadwal penerbangan dengan tiket pesawat yang tersedia.

Karena itu, belilah tiket pesawat sejak jauh-jauh hari agar kamu dan keluarga bisa berada dalam satu pesawat yang sama. Jika sampai terpisah jam penerbangan, tentu akan menyulitkan koordinasi dan membuat jadwal berantakan.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Uruguay Kalah di Kandang Peru dalam Kualifikasi Piala Dunia

Terkait Patrialis Akbar, KPK Panggil Wakil Ketua KY