in

Anak Nagari Situjuahgadang ke Legislatif: Peluang Besar, Hanya Empat Caleg Anak Nagari

Ilustrasi.(Reza/Padek)

Nagari Situjuahgadang merupakan salah satu dari 17 nagari yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) III Limapuluh Kota yang meliputi Kecamatan Situjuah Limo Nagari (Simona), Luak dan Kecamatan Lareh Sago Halaban. Nagari Situjuahgadang disebut-sebut memiliki peluang besar mengutus anak nagarinya menuju DPRD Limapuluh Kota.

SALAH satu dari lima nagari di Kecamatan Simona, Nagari Situjuahgadang yang terdiri dari enam jorong dan sekitar 4,4 ribu pemilih ini, disebut-sebut memiliki peluang cukup lebar untuk bisa mengumpulkan lebih banyak suara pada pemilu 2024 mendatang.

Betapa tidak, dengan hanya empat orang anak nagari yang ikut dalam kontestasi pemilu menuju kursi DPRD Limapuluh Kota, artinya suara pemilih yang ada di nagari tidak terbagi terlalu banyak untuk anak nagari yang mencalonkan diri. Setidaknya pembaginya tidak terlalu besar untuk perolehan suara.

Sejumlah nama yang muncul di Nagari Situjuah Gadang, Zondra Madris dari Partai Golkar. Politisi Golkar calon anggota legislatif DPRD Limapuluh Kota ini, berasal dari Jorong Tanjuangbungo, Nagari Situjuahgadang.

Kemudian ada nama, Eka Kurniawan Sago Indra dari partai Buruh. Pria ini, merupakan mantan Wali Nagari Situjuahgadang dan juga aktivis Serikat Petani Indonesia (SPI). Eka Kurniawan Sago Indra berasal dari Padang Kuniang, Jorong Situjuahgadang.

Selanjutnya ada nama Ubetra Sandra dari Partai Gerindra. Anak muda yang pada pemilu sebelumnya ini mampu mendulang suara sekitar 1.500 lebih suara tersebut, diyakini punya kesempatan yang cukup tinggi untuk bisa mendulang lebih banyak suara. Selain tiga nama diatas, ada nama Zul Asmi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Mohon doa, semoga keinginan masyarakat di Nagari Situjuahgadang dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari secara umum untuk bisa mengutus anak nagarinya ke DPRD Limapuluh Kota, bisa terwujud,” ucap tokoh muda Situjuah Limo Nagari, Zondra Madris.

Hal yang sama juga diungkapkan Eka Kurniawan sago Indra. Menurutnya, masyarakat saat ini sudah lebih lebih cerdas dalam menentukan pilihan.

“Kita dan masyarakat lainnya di Kecamatan Situjuah Limo Nagari tentunya berharap sama, sebab sudah beberapa periode, Kecamatan Simona tidak mengutus anak nagarinya ke legislatif,” sebut pria yang biasa sapa Sago ini. (ARFIDEL ILHAM—Limapuluh Kota)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPTD SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban, Pentingnya Membangun Karakter

Dua Peserta Lolos ke Final, Sumbar Peringkat 10 STQH Nasional di Jambi