in

Ancaman Gempa dan Tsunami Megathrust Mentawai, Kepala BNPB Harapkan Mitigasi Bencana Ditingkatkan

PDG.PARIAMAN, METRO – Dengan kondisi daerah yang rawan bencana alam, kemarin Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Modarno. Pada pertemuan itu, pihak BNPB mengingatkan untuk meningkatkan mitigasi bencana.

Saat itu Bupati Padangpariaman didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya. Pertemuan tersebut berlansung di Gedung BNPB Pusat Kamis, kemarin.

Ketika itu Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni melaporkan kegiatan yang berskala nasional dan akan dilaksanakan di Kabupaten Padangpariaman yaitu pembukaan MTQ Nasional tahun 2020.

“Untuk kesuksesan kegiatan tersebut tentunya memohon dukungan penuh dr BNPB dalam melaksanakan program penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Padangpariaman,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, kemarin.

Menyikapi laporan Bupati Padangpariaman tersebut, Kepala BNPB sangat aprsiasi atas kegigihan H Ali Mukhni dan beliau menyampaikan akan memberikan dukungan bantuan dalam rangka membantu mensukseskan acara pembukaan MTQ tingkat nasional tahun 2020.

Salah satunya, pembangunan Jembatan Sikabu Kayu Gadang, dimana jembatan tersebut merupakan akses utama menuju lokasi acara pembukaan MTQ tingkat Nasional tahun 2020.

Pada kesempatan ini, bupati juga menyerahkan SK dari Menteri Agama RI tentang penunjukan Propinsi Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 dan SK Gubernur tentang Padangpariaman menjadi lokasi acara pembukaan lomba MTQ tingkat Nasional tahun 2020.

Kepala BNPB juga kembali mengingatkan dan juga sekaligus memberikan arahan agar kegiatan mitigasi bencana ditingkatkan kepada masyarakat, khusus dalam menghadapi ancaman bahaya gempa bumi dan tsunami dari megathrust Mentawai.

”Saya meminta Kabupaten Padangpariaman menjadi pilot project dalam melaksanakan simulasi gempa bumi. Sehingga program pemerintah dalam mitigasi berjalan dengan baik dan masyarakat mengetahui proses-proses evakuasi kalau terjadi salah satu bencana alam,” tandasnya. (efa)


What do you think?

Written by virgo

Jokowi Persilakan Baiq Nuril Ajukan Amnesti

Akhirnya Cut Mini Mantap Berhijab