in

Antusias Warga Nagari Sungai Jambur Dan Kelompok KKN UNP Menyambut dan Mempersiapkan Acara Saikek Sakabek Arek

Penulis : Nisa Aqila
Universitas : Unviersitas negeri padang, pendidikan sejarah

acara saikek sakabek arek adalah kegiatan tahun yang diselenggarakan se kabupaten solok. acara ini dilaksanakan 2 bulan sekali di tiap-tiap wilayah kab.solok. dan dibulan ini saikek sakabek arek diselenggarakan di sungai jambur kecamatan IX koto sungai lasi kab.solok menjadi tuan rumah. tahun-tahun sebelumnya nagari sungai jambur hanya berpartisipasi dalam lomba atau menjadi peserta saikek sakabek arek, dan mereka selalu menghadiri kegiatan yang dilaksanakan tiap tahunnya dengan membawa sanggar seninya sendiri yaitu sanggar seni carano minang. dan ditahun ini warga nagari sungai jambur sangat antusias dalam menyambut acara pagelaran seni saikek sakabek arek ini,pasalnya ini adalah pertama kalinya warga nagari sungai jambur membuat acara sebesar ini yang dimana dihadiri dari berbagai wilayah-wilayah kabupaten solok.

acara saikek sakabek arek ini dilaksanakan pada hari sabtu 20 juli 2024, dimulai pada pukul 20.00 wib s/d. lokasi kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan jorong Kampuang Ateh kecamatan IX koto sungai lasi. yang dihadiri oleh tujuh belas sanggar se kabupaten solok yaitu sanggar carano minang dari sungai jambur, silek tuo kumango dari lurah nan tigo, salayo, sangar harimau sakato dari nagari air dingin, sanggar tuah serumpun dari limau lunggo, sanggar gobah saiyo dari talang babungo, sanggar titian imang dari sumani, sanggar tuah saiyo dari tabek lacu, sanggar PS. tuo langkah 4 lipek pageh dari sungai nanam, sanggar bingkuang siyo dari cupak, sanggar riak sarumpun dari batu bajanjang, sanggar PS. harimau capo dari sumani, sanggar bungo satangkai dari alahan panjang, sanggar sipadeh tingga dari rimbo data,sanggar burai saiyo dari kalo sani, sanggar minang maimbau dari alahan panjang, sanggar riak danau, dan sanggar tunas muda. dalam acara saikek sakabek arek ini bukan hanya penampilan randai, tetapi banyak penampilan mulai dari seni tari, silek beserta tari kreasi dari ketujuh belas sanggar. selain penampilan sangar-sangar di atas, kelompok kkn unp sungai jambur juga ikut serta dalam menampilkan persembahan di acara saikek sakabek arek dengan membawakan persembahan lagu “bareh solok”.

acara ini dihadiri bukan hanya warga setempat tetapi mulai dari pak wali nagari serta perangkat wali, kepala jorong, tokoh masyarakat niniak mamak anak kemenakan, bundo kanduang, serta ketua pemuda dan pemudinya ikut hadir dalam menyaksikan acara saikek sakabek arek di nagari sungai jambur.

What do you think?

Written by virgo

PHE Jambi Merang Tanam 1000 Mangrove Gandeng Lembaga Pengelola Hutan Desa Sunsang

Diterima Presiden Jokowi, World Bank Apresiasi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Nasional dan Sejumlah Program Pemerintah