in

AS-Jepang-Korsel Rundingkan Denuklirisasi Korut

WASHINGTON DC – Para diplomat dari Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (8/10) bertemu di Washington DC untuk berunding soal denuk­lirisasi di Korea Utara (Korut). Pertemuan trilateral itu di­lakukan beberapa hari setelah negosiasi antara AS dan Ko­rut di Swedia mengalami kegagalan.

“Perwakilan Khusus AS untuk Korut, Stephen Biegun, melangsungkan perundingan dengan mitra sejawatnya dari Korsel dan Jepang,” demikian pernyataan Kementeri­an Luar Negeri AS. “Semua pihak sepakat untuk melanjut­kan koordinasi terhadap Korut untuk mencapai denukliri­sasi secara seutuhnya,” imbuh kementerian itu.

Usai pertemuan AS-Korut di Swedia, pihak Pyongyang menyatakan tak ingin lagi melanjutkan perundingan nuklir yang diagendakan digelar bulan depn terkecuali AS men­gambil langkah-langkah untuk menghentikan sikap per­musuhan dan Korut pun merasa kecewa karena tak adan­ya solusi baru dari AS.

Pertemuan di Swedia digelar setelah terjadi ke­mandekan perundingan selama beberapa bulan setelah pertemuan antara pemimpin Korut, Kim Jong-un, dan Presiden Donald Trump, pada Februari lalu. SB/AFP/I-1

What do you think?

Written by Julliana Elora

Cara Mengisi Dan Login PMP Daring SD SMP SMA SMK 2019

Kecelakaan Maut Bus PMTOH di Riau, Mayoritas Korban Warga Aceh