in

“Autobiography” ajak sinematografer Polandia hadirkan kesan “gelap”

Jakarta (ANTARA) – Sutradara Makbul Mubarak sengaja melibatkan sinematografer atau Director of Photography (DoP) yang berasal dari Polandia untuk menghasilkan film yang berkesan gelap pada “Autobiography”.

Makbul mengatakan “Autobiography” merupakan film bergenre suspense thriller. Oleh karenanya, kesan gelap atau dark harus hadir secara intens di sepanjang film.

Menurut Makbul, pemilihan DoP dari luar negeri bisa memvisualisasikan apa yang ingin olehnya.

“Saya pengen filmnya itu dark, bekerja dengan DoP Polandia sangat membantu. Bagaimana dia menggunakan kegelapan untuk meningkatkan intensitas itu sangat membantu, gambar-gambarnya itu sangat detail,” ujar Makbul dalam jumpa pers peluncuran trailer film “Autobiography” di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Makbul mengatakan bahwa aktor yang dilibatkan dalam film ini juga yang memiliki pembawaan dingin dan terlihat mampu mengintimidasi penonton.

Hal tersebut ditemukan dalam diri Kevin Ardilova dan Arswendy Bening Swara. Menurutnya, kedua aktor tersebut mampu menunjukkan ekspresi ketegangan meski tanpa dialog.

“Saya membayangkan orang-orang yang penuh intensitas. Tanpa dia bicara kita sudah bisa merasakan kehadirannya. Itu ada di Kevin, om Wendy (Arswendy) kurang intens apa dia. Intensitas-intensitas ini yang saya perlukan,” katanya.

“Autobiography” baru saja merilis trailer perdananya. Dalam cuplikan film tersebut diperkenalkan sosok Rakib (Kevin Ardilova) yang menjaga rumah seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara).

Ketika Purna pulang untuk mencalonkan diri menjadi bupati, Rakib cepat akrab dan melihat Purna sebagai figur ayah. Penonton akan diperlihatkan dengan dunia yang ditinggali Rakib dan Purna yang penuh kegelapan dan ketegangan.

Film ini akan berkompetisi di Venice International Film Festival di seksi Orrizonti (Horizons) bersama negara Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Prancis, Iran dan lainnya. Selain itu, “Autobiography” juga masuk Toronto International Film Festival (TIFF) di seksi World Contemporary Cinema dan berkompetisi untuk mendapat NETPAC Award yang berlangsung pada 8-18 September 2022.

Baca juga: Film “Autobiography” rilis trailer untuk festival Venice

Baca juga: Film “Autobiography” berkompetisi di festival film Venesia

Baca juga: Cerita Kevin Ardilova terlibat produksi film “Autobiography”

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Film “Autobiography” rilis trailer untuk festival Venice

NBA akan tes Covid-19 pemain yang tidak divaksin sekali tiap pekan