in

Bali tuan rumah World Beach Games 2023

Jakarta (ANTARA) – Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Jumat mengumumkan Bali sebagai tuan rumah ajang multicabang olahraga pantai dan olahraga air World Beach Games 2023 yang rencananya diselenggarakan pada 5-15 Agustus 2023.

“Kami dengan gembira mengumumkan Bali sebagai tuan rumah edisi kedua ANOC World Beach Games. Bali memiliki beberapa pantai terindah di dunia yang akan menjadi latar arena kompetisi spektakuler olahraga berlangsung pada 2023,” kata Ketua Interim ANOC Robin Mitchell dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Komite Olimpiade Indonesia atas kemitraan serta kerja samanya. Kami berharap untuk bekerja sama dengan mereka selama 15 bulan ke depan untuk menghadirkan pesta multicabang olahraga tak terlupakan,” lanjut dia.

Selain menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games, Pulau Dewata juga akan menjadi tuan rumah pertemuan ANOC General Assembly ke-27 pada 13-15 Agustus 2023.

Baca juga: ANOC tinjau kelayakan Indonesia untuk gelar World Beach Games 2023

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari bangga bisa menjamu sebanyak 206 NOC dari berbagai negara di dunia. Menurut dia, World Beach Games 2023 dapat menjadi bagian sejarah kebangkitan olahraga Indonesia.

“Kami bangga dapat mendorong dan mempromosikan Indonesia di kancah dunia. Ini akan menjadi bagian dari sejarah kebangkitan olahraga Indonesia…kami memastikan warisan pengembangan olahraga ini dapat berkelanjutan di seluruh Tanah Air,” ucap Okto.

World Beach Games akan mempertandingkan 10 cabang olahraga wajib, yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, voli pantai 4×4, polo air pantai, gulat pantai, karate disiplin kata perorangan, selancar layang, serta renang perairan terbuka 5km.

Namun panitia penyelenggara dapat mengajukan beberapa disiplin tambahan yang akan dikonfirmasi dalam beberapa pekan ke depan.

World Beach Games pertama kali diadakan pada 2019 di Doha dengan mempertandingkan 13 cabang olahraga. Ada lebih dari 1.200 atlet dari 97 NOC yang berkompetisi dalam multicabang olahraga pantai dan air itu.

Pada edisi tiga tahun lalu, Spanyol menempati posisi teratas klasemen perolehan medali dengan perolehan 7 medali emas.

Baca juga: Tim voli pantai Indonesia rebut medali perunggu World Beach Games
Baca juga: Indonesia gagal melaju ke fase gugur basket 3×3 World Beach Games

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tampil berani kunci Apriyani/Fadia menangi perempat final

Polisi sebut Aminuddin sosialisasikan paham khilafah untuk dirikan negara