in

Bandara Internasional Minangkabau Ditutup Lagi akibat Abu Vulkanik Marapi

PADEK.JAWAPOS.COM-Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat, kembali ditutup akibat terdampak sebaran abu vulkanik Gunung Marapi, Jumat (5/1/2024). Penutupan aktivitas penerbangan sementara waktu dilakukan untuk memastikan keselamatan penerbangan, mengingat abu vulkanik dapat membahayakan mesin pesawat.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang Capt Megi H Helmiadi mengatakan, sebaran abu erupsi vulkanik Gunung Marapi sampai ke BIM berdasarkan data dari VAAC Darwin dan hasil tes kertas positif di lapangan.

Untuk itu, Otoritas Bandara memerintahkan kepada Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II BIM untuk menutup sementara atau menghentikan operasional bandara mulai pukul 10.45 WIB hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Penumpang pesawat yang terdampak penutupan ini dapat menghubungi maskapai penerbangan masing-masing untuk informasi lebih lanjut.

Sebelumnya pada Jumat 22 Desember 2023 lalu, BIM juga sempat ditutup pukul 16.00 hingga 22.00 WIB akibat abu vulkanik Gunung Marapi. Gunung api yang terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Tanahdatar Sumatra Barat itu kembali meletus.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dosen UPI YPTK Padang Beri Pelatihan dan Pendampingan Digital di Kampung Pondok

Tragedi Peselancar Remaja Australia Tewas Diserang Hiu Putih Besar