in

Tragedi Peselancar Remaja Australia Tewas Diserang Hiu Putih Besar

PADEK.JAWAPOS.COM-Peselancar remaja Australia berusia 15 tahun, Khai Cowle, meninggal setelah diserang hiu putih besar di lepas pantai Australia Selatan.

Peristiwa itu terjadi di dekat Pantai Ethel di Taman Nasional Innes, tempat Cowle berselancar bersama ayahnya. Lokasinya sekitar 100 mil sebelah barat Adelaide atau 1.000 mil jauhnya dari Sidney.

Laman Surfer melaporkan, peristiwa itu terjadi pada 28 Desember 2023 di Australia Selatan. Cowle diserang hiu putih besar berukuran 4m (13 kaki), sekitar 30 hingga 40 meter di lepas pantai. Jenazahnya ditemukan di pantai.

Klub Seaview Road Board Riders, klub selancar tempat Cowle bernaung, melaporkan berita kematian tersebut dengan “ketidakpercayaan dan kehancuran.”

“Dia adalah bakat luar biasa dalam selancar dan generasi ketiga dari keluarga yang terjun ke ombak dalam selancar,” kata klub tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Marca. “Kamu akan hidup dalam hati dan kenangan kami. Kami semua akan sangat merindukanmu.”

Khai Cowle, peselancar berusia 15 tahun yang diserang oleh hiu putih di Pantai Ethel, sebuah tempat selancar populer di Taman Nasional Innes, sekitar 100 mil sebelah barat Adelaide. (Foto: IG Surfingsa)

Serangan hiu terhadap anak tersebut adalah serangan fatal ketiga di lepas pantai Australia Selatan sejak Mei 2023. Ini adalah kematian kedelapan yang tercatat di perairan Australia Selatan dalam 22 tahun terakhir.

Serangan hiu adalah salah satu ketakutan terbesar para peselancar ketika mereka pergi ke pantai. Namun secara statistik, hiu tidak begitu umum dan hiu tidak benar-benar memburu manusia.

Jumlah serangan hiu terjadi pada satu dari 11,5 juta orang berdasarkan data yang dikumpulkan oleh International Shark Attack File. Angka tersebut sebanding dengan angka kematian akibat kecelakaan pesawat.

“Hiu tidak suka berburu manusia dan jika mereka menyerang seseorang, alasannya dianggap sebagai salah satu dari beberapa alasan yang dapat dipahami seperti membingungkan mereka untuk mangsa seperti anjing laut, mempertahankan wilayah mereka atau rasa ingin tahu saat hiu menguji sesuatu dengan mulut mereka,” tulis Marca.

Sebagian besar serangan disebabkan oleh hiu remaja karena hiu dewasa memiliki penglihatan yang lebih baik dan dapat membedakan manusia dari hewan laut lainnya.(srf/mca)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bandara Internasional Minangkabau Ditutup Lagi akibat Abu Vulkanik Marapi

Pertamina Peduli bersama Hiswana Migas Serahkan Bantuan Bencana Banjir