in

Bank Sumut – PWI Gelar Workshop Jurnalistik Perbankan

EduDirut PT Bank Sumut Edie Rizlyanto (tengah) didampingi Ketua PWI Sumut H Hermansjah (kanan) dan Sekretaris PWI Sumut Edward Thahir di Kantor Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan Rabu (18/10). ( Berita Sore/Hj Laswie Wakid )

MEDAN (Berita): Bank Sumut kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menggelar workshop jurnalistik perbankan di The Hill, Sibolangit 18-20 Oktober 2017. “Workshop ini merupakan kerjasama harmonis Bank Sumut dengan insan pers,” kata Edie Rizliyanto, Direktur Utama PT Bank Sumut di kantornya Rabu (18/10) sore.

Ia memaparkan hal itu sebelum melepas para peserta dari wartawan media lokal lokal dan Jakarta. Ketika itu, Edie didampingi Ketua PWI Sumut H Hermansjah, SE, Sekretaris PWI Edward Thahir, SSos dan Sekretaris Perusahaan Syahdan. Edie menyebut workshop ini juga salah satu kegiatan dalam rangkaian HUT ke 56 tahun Bank Sumut yang jatuh pada 4 Nopember 2017.

Selain workshop dengan PWI (wartawan) juga ada kegiatan dakwah mendatangkan ustadz AA Gym tanggal 4 Nopember 2017, jalan sehat, penarikan undian, band dari Jakarta yang sekarang lagi hits “Ada Band”, Aura Kasih, komika Dodik Mulyanto.

“Di rangkaian itu juga banyak kegiatan seperti olahraga, lomba karya tulis dengan hadiah utama umroh, laptop, kamera cannon dan juara harapan berupa uang tunai.”Ini rangkaian acara bagian dari serial Bank Sumut, mudah-mudahan membawa berkah,” katanya.

Workshop digelar menurut Edie, ke depan perbankan makin banyak tantangan dengan adanya financial technologi. “Kita diajak OJK untuk bermitra karena nanti bersaing. Namun dari 27 bank, Bank Sumut terbesar di luar Jawa,” kata Edie.

Untuk menghadapi persaingan perbankan ke depan, Edie menyebut Bank Sumut antara lain menjalin kerjasama dengan Sparkassen Bank Jerman untuk mengembangkan skim kredit mikronya. Juga kerjsama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) guna menyalurkan dana Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

SMF akan menyusun standar operasional prosedur (SOP) sebagai panduan BPD sebelum menyalurkan KPR. SMF mengajak 26 BPD untuk bermitra. SMF menggandeng 4 BPD sebagai pilot project yakni Bank Sumut, Bank Sulselbar, Bank NTT dan Bank Jateng. Di perbankan, katanya, Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR)) dan Lembaga Sertifikasi Perbankan mengeluarkan standar sertifikasi yang levelnya bertahap.

Ketua PWI Sumut Hermansjah menyebut wartawan juga memiliki sertifikasi. Anggota PWI, sertifikasinya dikeluarkan oleh Dewan Pers dan levelnya juga bertahap seperti anggota muda dan anggota madya.

Khusus workshop jurnalistik perbankan kerjasama dengan Bank Sumut ini, Herman berharap bisa memberi ilmu perbankan kepada wartawan. “Melalui pelatihan ini bisa menambah ilmu, termasuk adanya perlombaan karya tulis bagi wartawan,” kata Herman.

Ia menyebut Bank sumut menghargai para wartawan dengan memberikan hadiah besar bagi pemenang lomba tulis. Dalam workshop ini menghadirkan narasumber dari Bank Sumut dan redaktur Bisnis Indonesia dari Jakarta. “Jadi ilmu wartawan bisa bertambah dari latar belakang yang berbeda,” kata Herman. (wie)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemerintah Siapkan Promosi Sail Sabang 2017 Hingga Mancanegara

Sepmor Supra Milik Staf GFM Digondol Maling