in

Barca Melaju ke 16 Besar

Lionel Messi berada di bangku cadangan saat Barca hanya sanggup bermain imbang tanpa gol kontra Juventus.

TURIN – Barcelona meninggalkan Lionel Messi di bangku cadangan dan masih mampu bertahan untuk bermain imbang 0-0 kontra Juventus di Alianz Stadium, Turin Kamis (23/11) dini hari WIB. Hasil itu cukup bagi Barca untuk memastikan langkah ke babak 16 besar Liga Champions.

Barcelona, yang menurunkan Messi di awal babak kedua, mendominasi pertandingan, namun menggunakan itu sebagai bagian dari taktik bertahan menghentikan serangan Juventus daripada menciptakan peluang sendiri. Di sisi lain Juve tampil kurang bersemangat. Pemain depan Gonzalo Higuain nyaris tidak terlihat beraksi saat mereka gagal mencetak gol dalam pertandingan kandang untuk pertama kalinya sejak September tahun lalu.

Klub asal Turin itu hampir merebut kemenangan pada menit akhir namun tendangan Paulo Dybala dari tepi area penalti mampu digagalkan kiper Marc- Andre ter Stegen. Juventus yang berada di posisi kedua Grup D, akan lolos ke babak 16 besar kecuali mereka gagal mengalahkan Olympiakos dalam pertandingan terakhir bulan depan, sementara Sporting harus menang atas Barcelona.

Sporting terus menghidupkan harapan mereka sendiri dengan mengalahkan Olympiakos 3-1 di Lisabon dalam pertandingan lainnya. Pada pertandingan itu Bas Dost menjaringkan bola dua kali. Bruno Cesar juga mencetak gol untuk Sporting. Gol hiburan Olympiakos dicetak Vadis Odjidja- Ofoe dan klub asal Yunani itu dipastikan tersingkir. Barcelona, yang bermain imbang tanpa gol kedua berturutturut, memiliki 11 poin dan dipastikan akan finis di puncak klasemen.

Juve berada di posisi kedua dengan delapan poin, Sporting memiliki tujuh poin dan Olympiakos satu poin. Usai laga pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan bahwa Messi membutuhkan istirahat. “Dia harus istirahat sebentar lagi. Dia sudah bermain pada permainan,” ujarnya. Barcelona memiliki peluang paling dekat dengan gol pada babak pertama saat tendangan bebas Ivan Rakitic berhasil menembus area penalti, memantul dari tiang gawang dan jatuh ke kaki Paulinho, yang tidak mampu memanfaatkannya. Sementara Luis Suarez tak mampu berperan penting dalam laga tersebut.

Dybala memiliki upaya pada babak pertama bagi Juve saat dia menggiring bola melewati tiga bek, tapi tak hanya bisa melepaskan tembakan dari sudut yang sulit. Saat yang paling menghibur terjadi setelah peluit akhir. Kiper Juve Gianluigi Buffon melepas sarung tangannya dan celana pendeknya dan melemparkannya ke kerumunan penonton.

Allegri Puas

Meski hanya bermain imbang tanpa gol, Allegri memuji timnya. Dia menganggap hasil itu luar biasa karena Juventus telah bangkit dari kekalahan mengejutkan 2-3 dari Sampdoria di Serie A. Allegri mengatakan dirinya senang dengan cara timnya bertahan dari serangan Barca. “Anak-anak melakukannya dengan sangat baik, saat kami bermain seperti ini, semua orang perlu untuk mempertahankannya. Mereka bekerja dengan baik saat tidak memiliki bola dan kami mempersulit Barcelona untuk melewati pertahanan kami,” ujarnya.

“Ini berarti kami telah melakukannya dengan baik dan kami harus memulai kembali dari sini. Saya senang karena di Genoa kami kebobolan gol,” sambungnya.

“Malam ini, berhadapan dengan beberapa pemain luar biasa, kami mempertahankan tingkat fokus yang sangat tinggi dan mereka tidak menyakiti kami. Saat Juve bertahan seperti itu, sangat sulit untuk mencetak gol,” tandasnya.

Juve tetap berada di posisi yang baik untuk mencapai babak 16 besar. Mereka menghadapi lawatan ke Olympiakos pada pertandingan terakhir grup tersebut pada 5 Desember.

Allegri mengatakan kemenangan di Yunani akan menjadi tujuannya. “Itu adalah permainan yang sangat bagus dari perspektif taktis. Kami menemukan beberapa ruang di babak pertama tapi berjuang sedikit di kedua, meskipun kami berhasil menciptakan beberapa peluang melalui Douglas Costa dan Dybala,” jelasnya.

“Ini adalah poin penting dan berarti kami akan pergi ke Athena untuk mengetahui hasil imbang mungkin tidak cukup dan kami perlu menang,” tandasnya. ben/Rtr/S-1

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tak Ingin Dibully? hindari tujuh karakter ini

Senang bisa belajar dari orang Jepang