in

Basarnas Gorontalo Siagakan SAR Khusus Hadapi Libur Panjang

GORONTALO – Basarnas Gorontalo siagakan SAR khusus menjelang libur panjang dalam mengantisipasi peningkatan pengunjung di sejumlah objek wisata di daerah itu.

Kepala Basarnas Gorontalo I Made Junetra, Selasa (27/10), mengatakan, pihaknya menggelar siaga SAR Khusus melalui peningkatan kesiapsiagaan, koordinasi lintas sektoral serta pergerakan peralatan dan personel.

“Siaga SAR khusus berlangsung sejak hari ini, hingga Senin (2/11). Posko mandiri ditempatkan pada masing-masing pos SAR yang berada di daerah Kwandang dan Marisa,” ujarnya.

Ia mengaku jika untuk sementara ini, di objek wisata Basarnas melakukan pemantauan secara ‘mobile’.

“Untuk sementara, penempatan personel di pelabuhan Kwandang juga telah dimulai hari ini oleh tim rescue dari Pos SAR Kwandang dan Abk KN SAR Samba. Di tempat berbeda Pos SAR Marisa memberangkatkan personel untuk pemantauan di Pelabuhan Marisa, dikarenakan pelabuhan tersebut adalah salah satu akses menuju tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing yaitu Togean,” jelasnya.

I Made Junetra menyatakan bahwa kesiapsiagaan itu dilakukan serentak oleh beberapa instansi terkait termasuk Basarnas yang dalam hal ini mengambil tupoksi dalam bidang pencarian dan pertolongan.

“Sesuai dengan arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsdya TNI Bagus Puruhito, Basarnas Gorontalo telah membuat rencana pergerakan selama enam hari ke depan terhitung mulai hari ini,” ungkapnya. Ant/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dandrem 044/Gapo Ikuti Rapat Pembentukan Satgas Penanganan Covid-19

Trump atau Biden Akan Hadapi Asia di Bawah Bayang-bayang Tiongkok