in

Benny Utama dan Silaturahim

Wiztian Yoetri. (IST)

Oleh: Wiztian Yoetri, Wartawan Senior

Pemkab Pasaman memanfatkan bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah dengan kegiatan Safari ke berbagai pelosok daerah. Bupati Benny Utama menjadikan momentum untuk menyampaikan informasi pembangunan dan menjemput aspirasi rakyat.

Momen bulan yang memiliki target bernama takwa ini, dijadikan kesempatan bersilatuahim dan menebar kebaikan. Inilah wadah yang digunakan Benny Utama, sebagai pertanggungjawaban kepada rakyat, sesuai visi dan misinya menjadi kepala daerah terpilih.

Meski kegiatan Safari Ramadhan, merupakan kegiatan rutin tiap tahun, namun nuansa yang berkembang senantiasa berbeda. Lebih-lebih pasca pandemi, membangkitkan semangat masyarakat adalah prioritas. Inilah kesempatan terbaik untuk lebih dekat dan mendekatkan diri dengan suara-suara rakyat.

“Bahwa prestasi pembangunan yang telah dicapai Kabupaten Pasaman, sepenuhnya hasil kolaborasi rakyat dengan pemerintah. Bukan karena kehebatan Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Benny saat bersafari di hadapan jemaah Masjid Agung Kampung Kajai, Ladang Panjang Barat, Kecamatan Tigo Nagari, beberapa hari lalu.

Bersafari sambil bersilaturahim adalah sebuah wadah yang strategis dalam menjalankan kepemimpinan rakyat. Artinya, ketika di DPRD dipertanggungjawabkan kinerja Pemerintah Daerah, maka melalui silaturahim kepada rakyat disampaikan langsung hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

Ini jelas bisa menjadi role model bagi sebuah pemerintahan yang baik. Bentuk pertanggungjawaban kepada DPRD dan plus silaturahim dengan rakyat secara totalitas.

Silaturahim pada hakekatnya adalah bersambungnya kasih sayang seorang pemimpin dengan masyarakat luas. Maka apa yang dilakukan Benny Utama di Pasaman, lewat silaturahim, menebar kebaikan, menyambung komunikasi dengan rakyat di bulan puasa Ramadhan merupakan ibadah yang sangat agung dan membawa berkah.

Lewat silaturahim yang dibangun, kran informasi yang tersumbat bisa dilepaskan. Rakyat dapat bertanya langsung kepada pemimpinnya, mengapa –misalnya– pembangunan jalan tak kunjung terlaksana, atau mengapa sarana irigasi yang rusak belum juga diperbaiki?

Melalui kegiatan Safari Ramadhan ini, Bupati Benny Utama, tidak sekadar datang secara formal, namun memberi kesempatan luas kepada -jemaah- untuk menyampaikan aspirasi. Inilah model silaturahim Benny Utama yang dekat dengan rakyatnya, bupati terpilih dua periode, serta peraih suara tertinggi untuk DPRD Sumbar.

Kabupaten Pasaman dengan jumlah penduduk 301.444 jiwa, memiliki wilayah yang luas, 3.947,63 km2, dengan geografi berbukit-bukit. Memiliki 12 Kecamatan. Kepemimpinan Benny Utama – Sabar AS di kabupaten ini sangat mengesankan karena pemimpin mendekatkan diri kepada masyarakat tanpa batas formal yang ketat. Benny Utama memang sudah dikenal sebagai pemimpin yang tak jauh dari masyarakatnya.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade: Diskon 20% Tol Japek Hindari Tumpukan Pemudik

Nevi Dorong UMKM Ciptakan Produk Sesuai Standar dan Daya Saing Ekspor