in

Biografi Brian Putra Bastara Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat

Apakah kamu tahu siapa Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat? Dia adalah CEO Haluan Digital. Mari kenali lebih dalam pengusaha muda satu ini! Siapa Brian Putra Bastara?

Brian Putra Bastara, seorang pengusaha muda berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat. Pria yang lahir di Jakarta pada tanggal 30 Mei 1992 memiliki darah asli Minang. Orang tua pengusaha muda ini adalah Basrizal Koto dan Elita Basko. Basrizal Koto, ayahnya adalah seorang pebisnis terkenal asal Pariaman.

Brian saat ini berdomisili di Kota Padang dan telah menjadi CEO Haluan Media Group tahun 2019 di usia yang sangat muda, 30 tahun. Selain itu, dia juga aktif sebagai pimpinan banyak perusahaan dan sekaligus sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar.

Latar Belakang Keluarga

Sebagai seorang pengusaha terkenal di Pariaman, ayah Brian mendidik anaknya dalam dunia bisnis. Brian mendapat dukungan dari orang tuanya untuk meneruskan jiwa bisnis mereka. Dia terbiasa hidup untuk berbisnis, diketahui dari bisnis keluarga di bidang bidang bisnis media, percetakan, pertambangan, peternakan, perhotelan hingga properti.

Sekalipun keluarganya sudah memiliki banyak usaha, Brian tidak ingin terus bergantung. Dia juga memiliki usahanya sendiri. Dia mulai terjun ke dunia bisnis sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Bidang bisnis yang dipilih, antara lain fashion, F&B, properti, hingga bisnis berbasis digital atau IT.

Riwayat Pendidikan Brian Putra Bastara

Brian Batara Putra tetap mengutamakan pendidikan. Dia adalah lulusan Diploma Bisnis High Scope High School pada tahun 2010. Kemudian, pada tahun 2012, dia melanjutkan pendidikannya di Bachelor of Commerce Curtin University.

Setelah lulus dari Bachelor of Commerce dia memulai karirnya dalam berbagai posisi dan mulai mengelola bisnis. Meskipun dia sudah sukses di bisnisnya, dia tidak melupakan pendidikan. Dia lalu melanjutkan studi Magister di Universitas Andalas, Sumatera Barat jurusan Manajemen Marketing. Bagi Brian, pendidikan adalah investasi yang berharga untuk mengembangkan diri.

Perjalanan Bisnis Brian Putra Bastara

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, ayah Brian, Basrizal Koto selalu mendidik Brian dengan keras, agar mampu menjadi sosok pemberani yang selalu jeli melihat peluang. Beliau menanamkan sikap untuk pantang menyerah dalam menghadapi tekanan bisnis. Nilai tersebut tertanam baik dalam pribadi pengusaha muda ini.

Setelah lulus dari Curtin University, dia menjadi Managing Director Premier di Basko Hotel pada umur 20 tahun. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Managing Director Brivera Sky Garden. Pada tahun berikutnya, dia bekerja sebagai Managing Director di Cerya Security Printing, yang bergerak di Bidang Percetakan Sekuritas.

Kemudian, pada tahun 2019 sampai sekarang, dia dipercaya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Haluan Digital .

Pada tahun 2019, Brian memberikan gebrakan baru untuk Haluan Digital. Dia mulai mengembangkan bisnis digital. Dia mengarahkan Haluan Digital sebagai tempat bernaung sejumlah startup Haluan digital. Haluan yang bermula dari surat kabar Haluan di Sumbar yang sudah terbit sejak 1948. Awalnya, Haluan Media hanya mengeluarkan koran. Perusahaan bersejarah asal Padang ini dikembangkan menjadi media digital oleh Brian.

Kali ini, Brian sudah memiliki beberapa perusahaan, seperti media online, media alternatif, agensi kreatif, EO Company, Production House, IT Solution, e-sport media dan manajemen, edukasi technology platform dan perusahaan riset dan survei. Brian menyadari, bahwa bisnis digital adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Apalagi dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Dari Brian, kita dapat mengambil pelajaran untuk melakukan ekspansi bisnis. Dari dia juga belajar untuk memiliki keberanian serta kejelian dalam berbisnis. Dia tidak takut gagal, sebab semua risiko sudah diperhitungkan dengan matang.

Dia adalah orang yang sangat bersemangat. Selain aktif berbisnis, dia mengikuti perkumpulan pelajar Indonesia Australia pada tahun 2010-2012, HIPMI dari tahun 2004 hingga sekarang, perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, serta HIKKAPI

Di organisasi HIPMI sendiri, ia berproses dari anggota, Ketua Bidang, Bendahara Umum dan Pada tahun 2021, dia dipercaya menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Uni Charm Indonesia Luncurkan Produk Pembalut Menggunakan Bio Material

Kembangkan KUB Bank Sampah, PLN Salurkan TJSL di Pasia Nan Tigo