in

BPJS Kesehatan Sangat Ramah Pada Penyandang Disabilitas

Saya sangat senang karena BPJS Kesehatan benar-benar ramah kepada para penyandang disabilitas, termasuk para tunarungu yang datang untuk mengurus beberapa keperluan. Kami benar-benar dilayani dengan baik dan tuntas, tanpa ada diskriminasi

Jakarta Selatan, Jamkesnews – Menjadi salah satu perwakilan dari Tenaga Kerja Tuna Rungu Indonesia (TKTRI), membuat Ricardo memiliki banyak waktu untuk membantu anggotanya yang memiliki keterbatasan fisik. Ricardo yang sudah terbiasa mengkoordinir para tunarungu dan membantunya untuk mendapatkan hak sebagai warga negara, sangat bersyukur dan senang bisa membantu sesama.

“Walaupun rekan-rekan saya memiliki keterbatasan fisik dalam hal pendengaran dan berbicara, tapi mereka memiliki soft skill dan kemampuan bekerja layaknya karyawan normal. Karena itulah dibentuk komunitas TKTRI ini, dengan tujuan utama untuk memfasilitasi para pekerja tunarungu dalam mendapatkan hak-haknya baik sebagai pekerja maupun sebagai warga negara pada umumnya. Tentunya saya pun sebisa mungkin berusaha membantu keperluan mereka, salah satunya menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” Ujar Ricardo.

Bagi Ricardo, jaminan kesehatan sangat penting karena sebagai bentuk antisipasi dari berbagai kemungkinan datangnya sakit. Ricardo sadar, sakit bisa datang kapan saja. Karena itu pada hari Jumat (08/02), dirinya dan beberapa perwakilan TKTRI datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan untuk menanyakan dan mengurus prosedur pendaftaran peserta sekaligus mendapatkan informasi lengkap mengenai program JKN-KIS.

“Kami merasa sangat senang karena kami mendapat sambutan yang sangat hangat dari BPJS Kesehatan. Kami pun diterima langsung oleh Pak Deni selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan. Pak Deni dengan sangat ramah menjelaskan kepada kami mengenai berbagai hal, terutama hak yang akan diperoleh dan cara mendaftar menjadi peserta,” Lanjut Ricardo.

Ricardo juga menambahkan, beberapa anggotanya mengalami kesulitan untuk melihat. Dengan sigap petugas BPJS Kesehatan memandu cara mengisi aplikasi tersebut sampai selesai, bahkan beberapa yang sudah membawa persyaratan lengkap dibantu untuk diproses sampai kartu KIS diterima.

“Saya sangat senang karena BPJS Kesehatan benar-benar ramah kepada para penyandang disabilitas, termasuk para tunarungu yang datang untuk mengurus beberapa keperluan. Kami benar-benar dilayani dengan baik dan tuntas, tanpa ada diskriminasi,” Tambah Ricardo. (RI/sw)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Polisi Pelajari Video Rahmat Baequni yang Sebut Petugas KPPS Diracun

Sebar Video Vulgar Teman Wanita, Warga Juli Ditangkap