in ,

Cara Berpartisipasi dalam Upaya Net Zero untuk Langkah Menuju Ekonomi Sirkular

Kemunculan istilah Net Zero membuat semua pihak perlu berperan aktif untuk melakukan perubahan yang sesuai dengan program tersebut. Oleh karena itu, untuk mengikuti langkah menuju ekonomi sirkulasi.

Acuan dari istilah Net Zero Emission sendiri mulai muncul saat COP (Conference of the Parties). COP sendiri merupakan Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dihadiri oleh pemimpin negara di dunia. Konferensi ini dilakukan untuk membahas tentang permasalahan perubahan iklim global dan cara mengatasinya.

COP sendiri dilaksanakan di Glasgow pada tanggal 31 Oktober 2021 hingga 13 November 2021. Target yang dimiliki oleh para pemimpin negara yang menghadiri konferensi ini yaitu untuk mencari solusi agar permasalahan perubahan iklim global teratasi.

Tujuan dari COP26 dinilai memiliki target yang lebih ambisius dari Paris Agreement atau pada saat COP21. Sedangkan topik utama yang diangkat pada COP26 berupa kebijakan dan strategi di sektor pertanian, kehutanan, transportasi, energi dan mekanisme pembiayaan.

Partisipasi dalam Net Zero Emission untuk Menuju Ekonomi Sirkular

Net Zero Emission yang dilakukan sebagai salah satu langkah menuju ekonomi sirkular dapat dilakukan dengan beberapa perubahan secara bertahap. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana prinsip ekonomi sirkular dan cara untuk berpartisipasi dalam Net Zero.

1. Prinsip Ekonomi Sirkular

Tahukan Anda mengapa penerapan Net Zero berhubungan erat dengan prinsip ekonomi sirkular? Hal tersebut terjadi karena sektor industri dapat menghasilkan sekitar 27% dari total keseluruhan emisi karbondioksida global.

Emisi karbondioksida global dari sektor industri sendiri berasal dari 4 material utama. Material tersebut berupa bahan kimia, semen, alumunium dan besi. Oleh karena itu, untuk mengurangi emisi karbondioksida dengan tujuan menjaga pemanasan sebesar 1,5° C bisa dilakukan dengan mengurangi permintaan 4 material tersebut.

Tidak hanya di sektor industri, prinsip ekonomi sirkular juga bisa Anda terapkan dalam produksi makanan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memproduksi dan juga menggunakan bahan makanan dalam siklus tertutup. Sehingga akan muncul kemungkinan pengurangan emisi hingga 5,6 miliar ton pada tahun 2050.

2. Cara Berpartisipasi dalam Upaya Net Zero Emission

Setelah mengetahui bagaimana prinsip ekonomi sirkular, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara berpartisipasi dalam upaya Net Zero Emission. Karena untuk mencapai target Net Zero tidak bisa dilakukan oleh suatu pihak maupun secara individu saja. Namun membutuhkan kerjasama dari semua pihak radikal pada suatu negara.

Salah satu cara berpartisipasi yang dilakukan oleh pihak radikal yaitu bisa dilakukan oleh pihak pemerintah. Sehingga pemerintah bisa memiliki target yang jelas dalam mewujudkan pengurangan emisi dengan cara yang dirasa cukup efektif.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait prinsip ekonomi dan juga cara berpartisipasi dalam upaya pengurangan emisi? Demikian ulasan singkat mengenai cara berpartisipasi dalam upaya Net Zero, semoga bermanfaat.

What do you think?

Written by Julliana Elora

PLN Nusantara Power Connect, Ajang Kolaborasi Industri Ketenagalistrikan Wujudkan Transisi Energi

Rapat Terbatas mengenai Pemberantasan dan Penanganan Kasus Narkoba, di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, 11 September 2023