in

PLN Nusantara Power Connect, Ajang Kolaborasi Industri Ketenagalistrikan Wujudkan Transisi Energi

Jakarta, 11 September 2023- PT PLN (Persero) melalui Subholding PLN Nusantara Power (PLN NP) menggelar Nusantara Power Connect 2023, di Jakarta Convention Center pada Senin-Selasa (11–12/9). Melalui ajang ini, PLN ingin mengajak berbagai pihak di industri ketenagalistrikan untuk mempercepat transisi energi di tanah air.

Ajang tahunan yang memasuki edisi ke-8 ini mempertemukan lebih dari 120 perusahaan pelaku bisnis kelistrikan, 20 sesi konferensi dengan 70 pembicara nasional dan internasional serta stakeholders di bidang energi. Ajang ini diharapkan menjadi episentrum diskusi perkembangan industri ketenagalistrikan di Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang diwakili oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengapresiasi upaya PLN yang telah berkolaborasi bersama pemerintah dalam transisi energi demi mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 atau lebih awal.

“Tidak ada kata untuk berhenti dan menunda Net Zero Emissions, yang akan kita capai di 2060,” ujar Jisman dalam acara Nusantara Power Connect 2023, Senin (11/9).

Jisman menyampaikan upaya Pemerintah dalam transisi energi, salah satunya melalui penyusunan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) lebih hijau dari RUPTL sebelumnya, serta penyelarasan dengan Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

“Pemerintah tidak bisa sendirian, transisi energi membutuhkan kolaborasi semua pihak termasuk pengusaha, dan ketika saatnya nanti revisi RUPTL akan kita umumkan. Kami akan segera melakukan diseminasi terhadap revisi RUKN dan RUPTL agar dapat dengan cepat dieksekusi,” ujar Jisman.

Namun demikian, kata Jisman, terdapat berbagai tantangan dalam mewujudkan transisi energi tersebut mulai dari persoalan infrastruktur energi, teknologi, dan pembiayaan. Karena itu, dibutuhkan kolaborasi semua pihak demi mewujudkan cita-cita transisi energi dan berbagai tantangan yang lebih kompleks.

“Ini tantangan luar biasa, kalau yang hadir di sini bisa kita kolaborasikan, mulai dari pengusaha, kami sebagai pemerintah dan ketika saatnya nanti RUPTL akan kita umumkan. Kami akan segera melakukan sosialisasi terhadap RUPTL itu sehingga dapat dengan cepat dieksekusi,” ujar Jisman.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sebagai penyokong ketahanan energi, PLN berkomitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam melakukan transisi energi di Indonesia. Dirinya menyampaikan, PLN terus berupaya melakukan akselerasi pengembangan energi terbarukan melalui Accelerated Renewable Energy Development. Upaya ini mampu menambah porsi energi baru terbarukan (EBT) hingga 75% sampai dengan tahun 2040.

What do you think?

Written by virgo

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dorong Percepatan Pelaksanaan Kinerja Tahun 2023

Cara Berpartisipasi dalam Upaya Net Zero untuk Langkah Menuju Ekonomi Sirkular