in

Carla Suarez Navarro berangkat ke Paris setelah sembuh dari kanker

Jakarta (ANTARA) – Mantan petenis putri peringkat enam dunia Carla Suarez Navarro telah mengkonfirmasi partisipasinya pada French Open, yang akan dimulai Minggu, sebulan setelah ia mengatakan dirinya telah sembuh dari kanker.

Petenis Spanyol berusia 32 tahun itu, September 2020 lalu mengatakan bahwa ia didiagnosa menderita limfoma Hodgkin stadium awal dan harus menjalani kemoterapi selama enam bulan.

“Itu membuat saya sangat bersemangat bisa berpartisipasi di Roland Garros,” katanya pada laman federasi tenis Spanyol yang dikutip Reuters, Rabu.

Baca juga: Carla Suarez Navarro didiagnosis kanker limfoma Hodgkin
Baca juga: Shapovalov mundur dari French Open karena cedera bahu

“Saya sudah bekerja selama beberapa bulan terakhir ini untuk memberi diri saya kesempatan bertanding untuk terakhir kalinya di Paris.

“Saya tidak sabar untuk melompat di lapangan dan merasakan kembali betapa spesialnya turnamen ini bagi saya.”

Suarez Navarro, yang saat ini menempati peringkat dunia 118, kembali berlatih pada Desember dan bulan lalu mengatakan ia sudah menyelesaikan perawatannya dan sembuh.

Ia sudah mengatakan pada akhir 2019 bahwa ia bermaksud untuk berhenti pada akhir 2020 namun sekarang ingin terus bermain setelah musim terakhirnya terganggu oleh pandemi COVID-19 dan masalah kesehatan.

Baca juga: Serena kemungkinan gagal samai rekor 24 gelar Slam di Roland Garros

Perempat finalis French Open dua kali, dan dikenal sebagai salah satu petenis dengan backhand terbaik dalam sirkuit putri itu, telah merencanakan untuk berkompetisi pada US Open tahun lalu namun mengundurkan diri sepekan sebelum Grand Slam tersebut dimulai.

Ia mengungkapkan diagnosanya sepekan kemudian, menyebut bahwa dokter mengatakan kepadanya bahwa ia mempunyai limfoma kecil yang bisa disembuhkan karena dideteksi sejak tahap awal.

“Tenis telah memberi saya banyak hal dan saya selalu ingin mengucapkan selamat tinggal di lapangan,” katanya.

“Roland Garros telah memberi saya beberapa momen terbaik dalam karir saya. Hasil bagus pertama saya dihasilkan di lapangan ini, saya memiliki kenangan yang sangat baik setelah bertahun-tahun dan merupakan kegembiraan bisa datang untuk terakhir kalinya untuk bertanding di Paris.

“Itu akan menjadi hari-hari yang sangat indah dan saya berharap bisa menikmatinya secara maksimal.”

Baca juga: Federer tak kepikiran bisa menang di Roland Garros
Baca juga: Stan Wawrinka mundur dari French Open 2021
Baca juga: Murray absen di French Open, siap hadapi turnamen lapangan rumput

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pasifik bersiap untuk pertunjukan angkasa “super blood moon”

Satgas Sulsel: atlet gagal capai VO2Max tidak ikut PON