in

Cegah banjir, Warga Sekarjaya desak Pemkab OKU perbaiki drainase

Baturaja (ANTARA) – Warga di Kelurahan Sekarjaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendesak Pemkab setempat segera memperbaiki drainase atau saluran air di wilayah itu untuk mencegah bencana banjir.

“Kondisi saluran air yang ada di sekitar RS Sriwijaya, Kelurahan Sekarjaya sudah tidak layak sehingga perlu diperbaiki,” kata Eko, salah seorang warga Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu.

Menurut dia, akibat rusaknya drainase tersebut kawasan perumahan di Kelurahan Sekarjaya itu sering mengalami kebanjiran jika hujan deras yang berlangsung lama.

Baca juga: OKU cari solusi atasi banjir

Seperti bencana alam yang terjadi beberapa pekan lalu ratusan rumah warga direndam banjir setinggi mencapai 3 meter akibat saluran air yang tersumbat karena tidak layak pakai.

Untuk itu, masyarakat meminta Pemkab OKU memperbaiki dan menyediakan fasilitas drainase yang memadai agar dapat meminimalisir bencana banjir.

“Keluhan ini sudah kami sampaikan secara langsung kepada anggota dewan melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD OKU beberapa waktu lalu dan mudah-mudahan segera ditindaklanjuti agar perumahan kami tidak lagi menjadi langganan banjir,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD OKU Marjito Bachri meminta pihak terkait untuk segera menindaklanjuti permintaan warga guna mengatasi masalah banjir di daerah itu.

“Sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah banjir, Dinas PUPR OKU akan segera melakukan normalisasi sungai agar tidak tersumbat sehingga ke depannya banjir tidak terulang lagi,” ujarnya.

Baca juga: Dinas Damkar OKU kerahkan tiga unit mobil tangki sedot banjir

Baca juga: DPRD OKU minta PU perbaiki saluran air atasi banjir

What do you think?

Written by Julliana Elora

Thanh Le bakal lawan Tang Kai untuk pertahankan gelar ONE Championship

Polres OKU keluarkan 2.250 surat teguran pelanggaran lalulintas