in

Covid-19 di Sumbar Melandai, Gubernur Usul Launching MTQ 24 Juli

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno telah berkunjung ke Kementerian Agama untuk melaporkan persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVIII. Kehadiran Irwan Prayitno diterima Menag Fachrul Razi di Kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (16/7/2020) lalu.

Irwan menyampaikan rencana launching MTQ Nasional XXVIII di Sumbar yang akan diikuti sekitar 1.924 orang peserta itu, pada 24 Juli 2020 secara virtual.

“Kami mengusulkan launching MTQ Nasional XXVIII ini pada 24 Juli 2020 secara virtual. Adapun acara utamanya pada 12-21 November 2020,” kata Irwan Prayitno.

Menurut Irwan, Covid-19 sampai saat ini sudah melandai, sudah banyak zona hijau. “Kita sudah nomor satu zona hijau di Sumatera Barat. Tidak ada zona merah lagi, kebanyakan hijau dan kuning,” sambungnya.

Meski demikian, Irwan menegaskan bahwa pelaksanaan MTQ akan menerapkan protokol kesehatan.  Apalagi, peserta MTQ Nasional akan datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Yang menjadi pertimbangan adalah peserta MTQ Nasional XXVIII adalah dari seluruh Indonesia. Jadi, semua harus memperhatikan protokol kesehatan. Antisipasi protokol kesehatan di setiap kegiatan, harus ada kepastian negatif/positif peserta dan panitia MTQ Nasional XXVIII,” tegas Irwan.

Sementara itu,  Menag menyampaikan, ini adalah iven nasional yang pertama setelah Covid-19 dan akan menjadi contoh untuk iven ke depannya.

“Tolong ditata sebaik mungkin dan dipikirkan bagaimana yang terbaik. Kalau saya ditanya, saya ingin meriah. Kalau meriah berarti ada penontonnya, ada massanya. Tinggal bagaimana kita melakukan pengaturannya. Saya kira kalau ditata dengan baik kita bisa laksanakan,” kata Fachrul Razi.

Menag menambahkan, dirinya akan  rapat bersama presiden dan akan melaporkan tentang kesiapan kegiatan ini.

“Dan akan disampaikan tentang beberapa alternatif teknis pelaksanaan, dan kelihatannya Sumatera Barat sudah sangat siap,” jelas menteri berdarah Minang ini.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa jenis lomba MTQ Nasional XXVIII ada 8 kategori yakni Cabang Seni Baca Al-Qur’an (tilawah), Cabang Qiraah Sab’ah, Cabang Hifzhil Qur’an, Cabang Tafsir, Cabang Khatil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, dan Cabang lomba Menulis Makalah Ilmiah Al Qur’an (M2IQ). (rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

DPRD Gencar Sosialisasi Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

Begini rasanya nonton konser virtual Prambanan Jazz Online 2020