in

Dari Bali, FIFA Minta Gencatan Senjata di Ukraina selama Piala Dunia 2022

Presiden Gianni Infantino saat jeda makan siang ketika menghadiri KTT G20, Selasa 15 November 2022 di Nusa Dua, Bali. (Foto: Reuters)

Presiden federasi sepak bola dunia (FIFA)  menyerukan agar gencatan senjata satu bulan di Ukraina selama berlangsungnya Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia menilai olahraga sepakbola dapat menyelesaikan masalah dunia.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan pembukaan Piala Dunia pada hari Minggu di Qatar dapat berfungsi sebagai pemicu positif terhadap invasi Rusia ke Ukraina yang sudah hampir sembilan bulan.

“Permohonan saya kepada Anda semua adalah untuk memikirkan gencatan senjata sementara satu bulan selama Piala Dunia,” kata Infantino ketika berbicara di depan para pemimpin utama ekonomi dunia (G20) yang berkumpul di Bali, saat jeda makan siang, Selasa (15/11/2022).

Jika bukan gencatan senjata penuh, lanjut Infantino, mungkin ada penerapan beberapa jalur kemanusiaan dan apapun yang dapat mengarah pada dimulainya kembali dialog.

Infantino menggambarkan sepak bola sebagai pemersatu. Dia menyampaikan bahwa Rusia telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan bahwa Ukraina mengajukan tawaran bersama Spanyol dan Portugal untuk tahun 2030.

“Kami tidak naif untuk percaya bahwa sepak bola bisa menyelesaikan masalah dunia,” kata Infantino. “Mari kita ambil kesempatan ini untuk melakukan semua yang kita bisa untuk mulai mengakhiri semua konflik,” katanya seperti dilansir CNA.

Pertemuan G20 di Bali dihadiri Presiden AS Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Namun tidak diketahui apakah keduanya mereka mendengarkan Infantino, yang kemudian meminta para pemimpin G20 menandatangani suvenir sepak bola.

FIFA menangguhkan Rusia beberapa hari setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina. Federasi mengeluarkan Rusia dari pertandingan kualifikasi Piala Dunia setelah beberapa negara menolak untuk bertanding.(cna)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Etika Hukum Kesehatan Pada Layanan Konsultasi Kesehatan Online (by Aplikasi)

Masjid Hidayatullah di Kawasan Mandeh, Bergaya Arsitektur Minangkabau Modern