in

Dari Tarik Tambang hingga Panjat Pinang Meriahkan HUT RI ke-77 di Tanjung

Mengisi dan menyemarakkan Dirgahayu ke-77 Kemerdekaan RI, pemuda Tanjung di Korong Tanjung, Kenagarian Gasan Gadang, Kecamatan Batanggasan, Padangpariaman, merayakannya dengan menggelar berbagai lomba. Lomba makan kerupuk, tarik tambang hingga panjat pinang digelar meriah di pertigaan jalan masuk SDN 15 Batanggasan, Kamis (18/8).

Kegiatan diawali mengibarkan Sang Saka Merah Putih, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ditutup dengan lelang singgang ayam yang merupakan kearifan lokal dalam menghimpun sumbangan sosial. Ratusan warga dari berbagai usia tumpah ruah dan antusias meramaikan kegiatan untuk memperingati perjuangan dan pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan yang sudah menginjak usia 77 tahun saat ini.

Ketua Panitia Lomba, Hanafi Aleda Pera, S.Pd mengatakan, sederet kegiatan lomba ini memiliki semangat kompetitif. Ditujukan untuk menggalang persatuan dan kesatuan, memupuk rasa nasionalisme serta meningkatkan kerjasama di kalangan masyarakat menuju Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” sesuai dengan tema peringatan HUT RI yang ke-77.

“Selain memperingati hari kemerdekaan, kegiatan juga bermaksud untuk mempererat persaudaraan, kebersamaan dan meningkatkan kekompakan antar pemuda dan masyarakat Korong Tanjung umumnya,” kata dia didampingi Wakil Ketua Panitia, Ajo Am, beserta Sekretaris, Rudi Hartono, SE, dan Bendahara, Sudirman.

Tidak hanya kalangan dewasa, menurutnya kegiatan yang dihelat juga diperuntukkan untuk anak-anak. Kenapa sampai harus melibatkan anak-anak katanya, karena hari proklamasi Indonesia ini sesungguhnya bisa dijadikan momen bagi orang tua untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air sedari dini pada generasi.

“Secara keseluruhan, semua antusias dan semangat. Ini yang kita cari. Selain kebersamaan dan kekompakan, juga meningkatkan kecintaan dan nasionalisme kita terhadap NKRI,” ujar Hanafi.

Selain memantik kemeriahan dan gelak tawa masyarakat, kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang dan Anggota DPRD Padangpariaman Harpianda, S.H. Termasuk mendapat dukungan penuh dari para perantau, pengusaha lokal, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai dan struktur pemuda selaku parik paga nagari.

Anggota DPRD Padangpariaman, Harpianda pada kesempatan itu menilai, kegiatan yang diprakarsai pemuda Tanjung dalam mengisi Kemerdekaan RI kali ini merupakan sebuah sejarah. Selain mendukung, ia berharap bisa terus berlanjut di masa mendatang.

“Saya lahir dan besar di kampung ini. Memang, kegiatan positif dalam perayaan HUT RI yang diinisiasi oleh pemuda baru kali ini dan tentu menjadi sebuah sejarah. Ini harus dipertahankan dan saya bangga dengan pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat di sini,” ucap politikus dari partai Gerindra itu.

Selain mengapresiasi, Harpianda turut membeberkan sederet upayanya dalam membangun kampung halamannya itu sejauh ini. Peningkatan ekonomi masyarakat dan kemajuan Kampung Tanjung selalu menjadi prioritas dalam sasaran dana pokirnya sebagai wakil rakyat.

Belum lama ini katanya, dirinya telah menyalurkan pokir 8 unit mesin tempel untuk para nelayan setempat dan menyerahkan bantuan pupuk dan benih ke kelompok tani. Saat ini, ia tengah berjuang menyampaikan aspirasi peningkatan jalan di Korong Tanjung hingga ke Tabek.

“Termasuk mengusulkan perbaikan jembatan dengan anggaran senilai Rp1 miliar, mudah-mudahan Oktober 2022 nanti bisa terealisasi. Satu lagi, saya juga punya pokir program bantuan ternak, berhubung saat ini sedang berkembang penyakit ternak jadi sementara realisasinya ditunda dulu. Saya sedang berjuang, jadi mohon dukungan,” ucap Harpianda.

Malam puncak perayaan HUT RI ke-77 di Korong Tanjung itu turut dihadiri tokoh masyarakat Mantan Camat Batanggasan Erman Sudin, beserta ninik mamak Hasan Basri Wakil Rang Kayo Bandaro, Badarudin Panungkek Bandaro Basa, Katik Nagari Asrul, S.Pd, Doben Rang Tuo Pemuda, Ketua Pemuda Andri, Wakil Ketua Rama Rafles (Aan), Sekretaris Roni Lizar, Bendahara Indra Wahyudi, S.Pd dan jajaran.(ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Menggoda! Win Luxury Manjakan Pelanggan “Mandi” Diskon 50% Setiap Hari

Di Limapuluh Kota, Nevi Zuairina Proyeksikan Bantuan Irigasi Dua Nagari