in

Darizal Basir Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Nagari Gurun Panjang Utara

Anggota Komisi I DPR RI Darizal Basir, saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke-III tahun 2023, di Masjid Al Falah, Teluk Bakung.(IST)

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Dapil Sumbar 1, Darizal Basir kembali melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke III, Tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Sosialisasi Empat Pilar itu digelar Rabu (19/4) di Masjid Al Falah, Teluk Bakung, Nagari Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang. Darizal Basir, dalam kesempatan itu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang hadir terkait Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam perkembangannya undang-undang tersebut telah mengalami perkembangan atau perubahan sebanyak empat kali tanpa merubah pembukaan UUD 1945. Perubahan UUD 1945 dengan semangat reformasi tersebut dapat memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk yang lebih baik.

“Maka dengan semangat reformasi, UUD 1945 harus dirubah. Karena jika tidak, sulit dalam mengambil kebijakan. Dwi fungsi ABRI dibubarkan, yang ada hanya TNI dan Polri. Sebelum dirubah, ada namanya lembaga tertinggi negara. Kalau sekarang setelah dirubah tidak ada lagi lembaga tertinggi, dimana semua lembaga negara disusun sejajar,” jelas Darizal.

Dia juga menyampaikan merasa bahagia dan juga senang berada di tengah-tengah masyarakat Taluk Bakung, yang memang sudah direncanakan dari sejak lama.

“Alhamdulillah rencana itu bisa terkabul, sehingga dapat bertatap muka dengan masyarakat guna menyampaikan sosialisasi serta juga berbagai program pembangunan kedepan, termasuk juga berbagai usulan dan masukkan dari masyarakat,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa tingginya antusias masyarakat menghadiri sosialisasi itu menjadi pertanda masyarakat Taluk Bakung, Nagari Gurun Panjang Utara memiliki jiwa Pancasilais yang tinggi dan kuat.

“Saya katakan demikian karena para ibu-ibu yang hadir dengan penuh semangat mau tampil kedepan membaca Pancasila, dengan diikuti secara bersemangat pula oleh ratusan peserta sosialisasi,” ucapnya.

Berdasarkan hal itu sehingga Darizal Basir, memberikan apresiasi yang besar atas keberanian kalangan ibu-ibu tersebut. Kehadiran Darizal Basir yang sudah tiga periode menjadi anggota DPR RI itu, menjadi kebahagian tersendiri bagi masyarakat.

Dalam pertemuan itu juga terungkap tekad masyarakat mendukung Darizal Basir untuk maju sebagai calon Anggota DPR RI pada periode selanjutnya di Pemilu 2024 mendatang.

“Kami berharap bapak Darizal Basir kembali maju sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Sebab, beliau adalah sosok yang telah banyak berpengalaman dan memiliki kepedulian tinggi untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat,” harap Syafri, salah seorang tokoh masyarakat yang hadir dalam kesempatan itu.

Diakuinya bahwa Bupati Pessel dua periode, 1995-2005 itu di masa kepemimpinannya banyak pembangunan yang dilaksanakan.

“pembangunan berbagai sektor baik pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, pariwisata, perdagangan dan lainnya itu, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dalam peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Selain menyerap berbagai aspirasi, melalui pertemuan yang juga dihadiri Wali Nagari Gurun Panjang Utara, Zainal Arifin itu, mantan Bupati Pessel tersebut juga memberikan sejumlah pertanyaan. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Lakukan Peningkatan Akreditasi

Wako Bangga Siswa Hapal Al Quran, Pesantren Ramadhan Ditutup