in

Darizal Basir Kunjungi Rumah Tahfiz Al Hijrah Cendikia Nagari Kambang Utara

Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir, dengan didampingi Ny Hilda Fitri Ayung, foto bersama dengan pengurus Rumah Tahfiz Al Hijrah Cendikia, dan para santri saat melakukan kunjungan Jumat (3/12).(IST)

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (RI) Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Demokrat Dapil I Sumbar, Darizal Basir, melakukan kunjungan kerja daerah pemilihan (Kundapil) VII tahun 2022 ke Rumah Tahfiz Al Hijrah Cendikia Lurah Patamuan Kampung Padang Panjang I, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Jumat (2/12).

Kunjungan yang juga didampingi istri Ny Hilda Fitri Ayung itu, bertujuan melihat secara dekat pembangunan rumah tahfiz yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Melalui kunjungan yang disambut Ketua Yayasan Al Hijrah Cendikia, Julda Eka Putra, orang tua santri, tokoh masyarakat, dan pengurus tahfiz itu, Darizal Basir menyarankan kepada pimpinan dan pengurus rumah tahfiz agar membuat master plan atau rancangan bangunan yang permanen.

“Tujuannya agar pembangunan yang dilakukan secara bertahap saat ini bisa singron dengan bangunan lama, dan tidak lagi mengulang dari nol, dan kita akan mendukung bersama-sama untuk membangun,” katanya.

Dia menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan rumah tahfiz tersebut, karena selama tiga tahun berdiri, sudah memiliki santri sebanyak 400 orang lebih dan juga sudah memiliki tiga cabang di Kecamatan Lengayang.

“Saya berharap pembinaan terhadap santri yang sebagian besar masih dalam usia sekolah dasar (SD) ini dilakukan lebih serius dan maksimal lagi. Dan diharapkan rumah tahfiz ini juga mampu melahirkan hafidz dan Hafidzah yang berkualitas di masa datang,” harapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa keberadaan rumah tahfiz merupakan salah satu inovasi dan trobosan yang bagus dalam membentuk generasi agar lebih mengenal dan mendalami Al Qur’an.

“Saya berharap ini bisa menjadi magnet bahkan menjadi daya tarik wisata religi di kecamatan ini nantinya. Saya berharap generasi milenial kita ini kedepannya bisa lebih dekat dengan Al Qur’an bahkan bisa memahami serta mengamalkan isinya,” harap Darizal.

Lebih jauh dijelaskan bahwa melalui pertemuan yang penuh dengan rasa kekeluargaan itu, dia juga sengaja membawa rekan -rekan seperjuangan saat menjadi Bupati Pessel tahun 1995 hingga 2005 lalu.

“Melalui kunjungan Kundapil VII tahun 2022 ini saya sengaja turun menemui masyarakat untuk menampung berbagai aspirasi dan masukan untuk pembangunan ke depan. Saat ini juga saya sempatkan melihat perkembangan Pondok Tahfiz Al Hijrah Cendikia ini. Saya merasa bangga karena santri di sini sudah ada yang hafal 12 juz Al Quran. Saya berharap melalui kehadiran rumah tahfiz ini, akan muncul anak-anak yang hafal 30 juz Al Qur’an,” ucapnya.

Dalam kunjungan itu Darizal Basir juga memberikan reward kepada santri yang hafalannya tertinggi satu Rp 1 juta, tertinggi dua Rp 750 ribu, , dan tertinggi tiga Rp 500 ribu.

Dia juga menjelaskan bahwa terkait dengan semakin dekatnya Pemilu 2024, masyarakat juga harus tahu perkembangan politik terbaru agar tidak merasa terkecoh ataupun tertinggal dengan informasi.

Ketua Yayasan Al Hijrah Cendikia, Julda Eka Putra, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Darizal Basir yang sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap pembangunan rumah tahfiz tersebut.

“Ini saya sampaikan sebab pembangunan rumah tahfiz ini bisa tercapai berkat tanah wakaf yang diberikan Bapak Darizal Basir tahun 2018 lalu dengan luas 12×40 meter,’ ujarnya.

Selain memberikan bantuan motivasi kepada santri, dalam kunjungan itu, Darizal Basir disampaikan Julda Eka Putra, juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 10 juta untuk pengembangan pembangunan rumah tahfiz.

“Saat ini rumah tahfiz sudah memiliki tiga cabang, diantaranya di Padang Limau Manis, Nagari Kambang Induk, Kampung Tarok Nagari Lakitan Induk, dan di Kampung Lubuk Tanah, Nagari Lakitan Tengah. Melalui bantuan ini, maka pembangunannya akan bisa dilakukan dengan cepat dan lebih maksimal lagi,” ucapnya. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Galang Donasi, PUK PT PICID Serahkan Bantuan ke Cianjur

Andre Rosiade: Jadi Presiden, Prabowo Kucurkan Triliunan Rupiah Bangun Sumbar