in

Dasril Dilantik Sebagai Pj Wali Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo

Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman kembali menegaskan Wali Nagari untuk tidak berpolitik pada pilkada serentak 2020. Wali Nagari bagian dari penyelenggara pemerintahan, berdiri di atas semua golongan masyarakat.

Penegasan ini disampaikan Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman usai melantik Penjabat (Pj) Wali Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo, Dasril di Aula Tangsi Ampek, Kantor Bupati Solsel, Jumat (19/6). Dasril dilantik menggantikan Syaiful Arpan yang memasuki masa pensiun sebagai ASN.

“Kalau terbukti ada yang berpolitik, maka wali nagari bisa disanksi sesuai aturan yang berlaku. Maka kekuasaan yang diemban sebagai Pj Wali Nagari tidak dikehendaki melenceng jadi tim sukses atau ikutan berpolitik dalam masa tahapan Pilkada di mulai,” pesannya.

Diakuinya, bahwa begitu banyak tugas yang dijalankan wali nagari sebagai pimpinan pada pemerintahan terdepan. Peran sebagai Eksekutif, Legislatif, hingga yudikatif seringkali dijalankan oleh para wali nagari.

“Bahkan sebagai yudikatif pada tingkatan tertentu, wali nagari tampil sebagai hakim yang menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat. Seluruh persoalan kadang disampaikan kepada Wali Nagari, baik persoalan ringan hingga ke tingkat berat,” ujarnya mencontohkan.

Sabar Hadapi Pandemi

Ia menambahkan bahwa saat ini ada dua persoalan yang akan dihadapi berbagai lini, termasuk pemerintahan nagari. Pertama terkait akan dihadapinya pilkada serentak pada Desember, serta adanya dampak wabah pandemi virus corona atau covid 19 yang juga terdampak hingga ke Solok Selatan.

Rahman mengakui bahwa dalam penyaluran tetap saja ada persoalan. Di samping adanya data ganda, kasus perceraian, kematian, keberadaan di luar daerah dan lainnya, terkadang juga tingkat pemerataan para penerima di suatu nagari juga berbeda-beda.

Kondisi-kondisi seperti diatas, menurutnya tentu membutuhkan kesabaran wali nagari serta dukungan dari berbagai pihak agar tugas pokok dan fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Hadir Sekdakab Yulian Efi, Kadis Sosial dan PMD Zulkarnaini, Camat Pauh Duo Bujang Basri, Wali Nagari Alam Pauh Duo zainal, serta undangan lainnya. (*)

The post Dasril Dilantik Sebagai Pj Wali Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo appeared first on Padek.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

MERAWAT TUBUH SELAMA SELF QUARANTINE MENGGUNAKAN RANGKAIAN SCARLETT

Total Setoran Pertamina Capai 181,5 Triliun