in

Desa Daenaa Gorontalo Sukses Tingkatkan Inklusi Keuangan lewat AgenBRILink dan BRImo

PADEK.JAWAPOS.COM-Kesuksesan Desa Daenaa, Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo patut diacungi jempol. Desa yang memiliki ratusan hektare (ha) ladang jagung ini mampu mandiri. Setidaknya, masyarakat Desa Daenaa dapat memanen 3.600 ton jagung setiap tahun.

Kesuksesan perkebunan jagung di wilayah desa tak terlepas dari peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha yang ada di sana.

“BUMDes Bina Usaha menyediakan sarana produksi pertanian (saprodi), mulai dari obat insektisida, pupuk organik, hingga alat pertanian, dengan harga terjangkau sehingga bisa mendorong peningkatan produktivitas para petani,” ujar Kepala Desa Daenaa Jefri A Rahim, Senin (29/1/2024).

Tak hanya itu, Jefri menjelaskan, BUMDes Bina Usaha juga membantu permodalan masyarakat dengan sistem bagi hasil. Metode ini dianggap paling efektif untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan modal usaha.

“(Sebagian besar) modal itu digunakan masyarakat untuk mengelola usaha arang tempurung yang juga menjadi salah satu produk unggulan desa kami. Ada pula yang dipakai untuk mengelola perkebunan kelapa,” ucap Jefri.

Adapun total luas perkebunan kelapa yang dikelola masyarakat Desa Daenaa mencapai 100 ha dengan hasil panen 60 ton per tahun. Hasil panen ini diolah menjadi kopra.

Jefri melanjutkan, BUMDes Bina Usaha berdiri pada 2016. Sejak itu, badan usaha ini terus berkembang demi mewujudkan komitmennya dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat desa.

Kini, BUMDes Bina Usaha memiliki tiga cabang yang tersebar di kecamatan dan kabupaten lain di Provinsi Gorontalo.

“Pada 2022, BUMDes Bina Usaha menyumbang Rp 63 juta terhadap pendapatan asli Desa Daenaa,” kata Jefri.

Hal tersebut diaminkan oleh Direktur BUMDes Bina Usaha Iwan Kadir. Menurutnya, peran BUMDes Bina Usaha terhadap perekonomian masyarakat sangat besar, khususnya unit usaha saprodi yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, terutama petani jagung.

“Kehadiran BUMDes Bina Usaha dengan menjual saprodi telah meningkatkan produktivitas petani dari 4 ton per ha menjadi 6 sampai 8 ton per ha,” ujar Iwan.

Peningkatan produktivitas hasil pertanian, lanjut dia, turut mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Daenaa, apalagi sebagai besar unit usaha ini masih bersifat rumahan.

What do you think?

Written by Julliana Elora

TPN Ganjar Sebut Film Dirty Vote Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu Secara Masif

SMP Negeri 30 Padang, Komitmen Sekolah Tingkatkan Kinerja Guru