in

Di ASEAN, Indonesia Terbaik Alami Peningkatan Peringkat FIFA

Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara yang mengalami perbaikan peringkat FIFA paling baik pada Desember 2016. Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan rilis peringkat FIFA yang dikeluarkan 22 Desember 2016, Indonesia naik peringkat hingga 8 tingkat. Itu adalah kenaikan yang paling signifikan dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal itu dialami Indonesia tak lepas dari kiprah positifnya dalam gelaran Piala AFF 2016 dimana skuat Merah Putih mampu menembus babak final. Dalam rilis terbaru FIFA, Indonesia mengalami peningkatan delapan peringkat. Berkat peningkatan tersebut, Indonesia kini berada di peringkat 171 dengan jumlah poin 120. Di atas Indonesia adalah Kuwait yang juga memiliki poin sama. Kuwait mengalami satu kenaikan dalam peringkat FIFA.

Sementara itu di ASEAN, tim terbaik kedua mengalami peningkatan setelah Indonesia adalah Myanmar. Negara yang menjadi tuan rumah penyisihan grup B Piala AFF 2016 itu mengalami tujuh peringkat kenaikan. Kini, semifinalis Piala AFF 2016 itu berada di peringkat 159 dengan poin 148. Adapun juara Piala AFF 2016, Thailand mengalami tiga kenaikan peringkat. Negara yang timnasnya dijuluki Gajah Perang itu kini berada di urutan k 125 dengan 254 poin.

Peringkat tertinggi FIFA di antara negara Asia Tenggara masih dipegang Filipina. Namun, kegagalan Filipina di Piala AFF 2016 mengantar negara itu turun tiga peringkat. Filipina bukan satu-satunya negara ASEAN yang mengalami penurunan. Timnas yang paling drastis penurunannya dalam peringkat FIFA ada tiga yakni Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Ketiga negara yang menyatu dengan Asia daratan itu mengalami penurunan tiga peringkat. Vietnam yang ditaklukkan Indonesia di babak semifinal kini berada di peringkat 134 dengan 254 poin. Kemudian Malaysia kini di peringkat 161 dengan 143 poin, dan Kamboja di peringkat 173 atau satu tempat di bawah Indonesia dengan 118 poin. Di satu sisi, gelaran Piala AFF naik citranya di mata FIFA. FIFA memasukkan pertandingan dalam Piala AFF dalam perhitungan poin internasional FIFA untuk turnaman berskala kompetitif. Piala AFF pun kini masuk dalam kategori A dalam daftar turnamen FIFA.

Sebelumnya, Piala AFF belum diperhitungkan sebagai turnamen kompetitif di bawah AFC dan hasil laga itu masih hanya dihitung statusnya sebagai laga persahabatan biasa. Sementara bobot pentingnya pertandingan merupakan satu dari sejumlah variabel dalam menghitung poin untuk peringkat tim sepak bola asosiasi negara anggota FIFA. Variabel lainnya adalah hasil poin dari laga tersebut, yakni menang atau imbang, kekuatan dari tim lawan, dalam hal ini adalah peringkat terakhir tim tersebut, dan kekuatan konfederasi yang menjadi afiliasi turnamen tersebut.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

WTO Menangkan Gugatan AS dan New Zealand kepada Indonesia

Wawancara Khusus dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla -1