in

Di Jam Gadang Bukittinggi, Anies Bersama Warga Sumbar Doakan Rakyat Palestina

PADEK.JAWAPOS.COM-Ribuan warga Kota Bukittinggi dan sekitarnya antusias menyambut kedatangan Bacapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dalam agenda aksi solidaritas untuk Palestina yang dipusatkan di kawasan Jam Gadang, Rabu malam  (1/11/2023).

Pada kegiatan itu Anies Baswedan yang didampingi Ketua DPW Nasdem Sumbar Fadly Amran dan Ketua DPW PKS Sumbar Mahyeldi Ansharullah memimpin doa bersama untuk rakyat Palestina di jalur Gaza yang sengsara dibombardir oleh Israel.

Meski kegiatan doa bersama ini diagendakan pada pukul 20.30, sejak sore sekitar pukul 17.00 masyarakat dari Bukittinggi, Agam dan sekitarnya telah merapat ke Jam Gadang. Meski sempat diguyur hujan, masyarakat terlihat antusias menyambut kedatangan Anies Baswedan.

Anies Baswedan dalam sambutannya mengapresiasi antusias masyarakat dalam aksi solidaritas untuk Palestina tersebut.

“Meskipun hujan tapi semangat kita tetap membara untuk mendoakan saudara-saudara kita di Palestina. Ini adalah bukti simpati dan solidaritas kita untuk Palestina. Semoga kegiatan ini juga dilakukan di Kota-kota lain sehingga simpati kepada Palestina terus meluas dan keadilan di sana segera hadir,” ujar Anies

Anies juga menyanjung Kota Bukittinggi dan Sumatera Barat sebagai daerah yang melahirkan sejumlah tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan di Indonesia.

“Bukittinggi dan juga Sumatera Barat merupakan saksi lahir, tumbuh dan berkembangnya tokoh-tokoh pemikir hebat yang menjadi tokoh-tokoh yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar Fadly Amran mengatakan, kedatangan Anies Baswedan selalu dinanti-nantikan masyarakat.

Katanya, di Bukittinggi antusias masyarakat sangat tinggi. Fadly sangat mengapresiasi masyarakat. “Ini membuktikan masyarakat Sumbar bersama Anies Baswedan dalam memenangkan Pilpres 2024,” ungkapnya.

Fadly mengajak masyarakat agar terus bersama merapatkan barisan dan berjalan bersama Anies dalam menghadapi Pemilu 2024.

Sementara itu Ketua DPW Partai Ummat Sumbar Taslim mengatakan Capres Anies Baswedan dikenal sebagai calon pemimpin negara dari Koalisi Perubahan yang sangat diidolakan oleh masyarakat Sumbar, termasuk Kota Bukittinggi.

“Saya terharu karena sepanjang yang saya tahu, ini lah doa di pelataran Jam Gadang yang terbesar diaminkan umat Islam yang hadir. Apalagi yang memimpin doanya Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan,” ujar Taslim Chaniago didampingi Tim Partai Ummat  yang menyambut Anies ke Sumbar Adrian Tuswandi.

Selain menghadiri doa bersama untuk Palestina, Anies Baswedan dijadwalkan akan berkunjung ke Museum Rumah kelahiran Bung Hatta.

“Pada Kamis (2/11) pagi Bapak Anies akan shalat subuh berjamaah di Masjid Raya Kota Bukittinggi kemudian berjalan menyapa masyarakat dan lanjut ke Rumah Bung Hatta. Bapak Anies memilih mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta atas permintaannya sendiri. Ketokohan dan keteladanan Bung Hatta sebagai salah satu Faunding Father bangsa Indonesia menjadi alasan untuk ini,” ujar Aldefri, Ketua Panitia kegiatan doa bersama untuk Palestina ini.

Sementara itu Amril Anwar, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Relawan Rumah Gadang yang juga hadir dalam kegiatan ini menyatakan, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan doa bersama untuk Palestina ini,

“Kegiatan ini untuk menyuarakan dukungan terhadap perjuangan masyarakat Palestina dan seperti yang bisa kita lihat masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Masyarakat datang dari berbagai wilayah di Sumatera Barat dengan kemauannya sendiri tanpa dikomandoi,” ujarnya.

Abdi Putra, salah satu masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan semoga kedatangan Anies Baswedan ke Bukittinggi menjadi pemantik lahirnya simpati, solidaritas dan kepedulian masyarakat Kota Bukittinggi dan Sumatera Barat atas peristiwa dan perjuangan masyarakat Palestina.

“Semoga dengan kedatangan Anies Baswedan ke Bukittinggi menjadikan kita lebih kompak untuk mendukung perjuangan saudara-saudara kita di Palestina, semoga kegiatan kita juga menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk semakin kokoh menyuarakan isu Palestina,” ujar Abdi Putra salah satu masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. (r)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ganjar-Mahfud Siapkan Program Zero Blank Spot Agar Akses Internet Rakyat Merata

Pekerja Tewas Kesetrum Tegangan Tinggi di Lantai 3