in

Diego Luna raih Penghargaan Kehormatan Platino 2021

Jakarta (ANTARA) – Penghargaan Platino Ibero-Amerika (Premios Platinos) edisi ketujuh tahun ini akan memberikan Gelar Kehormatan Platino kepada aktor, sutradara sekaligus produser Diego Luna.

Dikutip dari Variety, Selasa, di usia 41 tahun, Diego Luna akan menjadi penerima penghargaan termuda dari penghargaan pencapaian karirnya. Acara Penghargaan Platinos tersebut pun tahun ini akan diadakan pada 3 Oktober di Madrid.

Diego Luna pertama kali dikenal lewat debutnya dalam film pendek nominasi Penghargaan Akademi Meksiko 1991 Javier Bourges “The Last New Year”. Diego juga muncul di beberapa telenovela sepanjang tahun 90-an.

Diego memulai karir Hollywood-nya dengan tampil bersama Bon Jovi dalam “Vampires: Los Muertos” karya John Carpenter dan dalam film biografi pemenang Oscar “Frida” karya Selma Hayek.

Dalam beberapa dekade sejak itu, Diego terus mengerjakan banyak produksi Amerika Latin dan Amerika Serikat sebagai produser, penulis, dan sutradara. Tak hanya itu, Diego juga meluncurkan festival film dokumenter nomaden Ambulante, serta label produksi sendiri pada 2005.

Baru-baru ini, Diego membuat dan menjadi pembawa acara serial percakapan Amazon Original “Pan y Circo” dan membintangi “Andor” Disney+, sebuah seri spin-off dari karakter “Rogue One: A Star Wars Story” Cassian Andor.

Dia juga dikonfirmasi akan menjadi pengisi suara untuk serial animasi Netflix mendatang “Maya and the Three,” di mana dia akan berkolaborasi dengan Jorge Gutierrez.

Penghargaan Platino dipromosikan oleh EGEDA ((Entitas Spanyol untuk Manajemen Hak Produser Audiovisual) dan FIPCA (Federasi Produser Film dan Audiovisual Ibero-Amerika).

Penghargaan ini pun mendapat dukungan dari akademi dan institut film Ibero-Amerika serta banyak sponsor di Eropa dan Amerika Latin.

Baca juga: Disney akan buat serial “spin-off” dari film “Rogue One”

Baca juga: EXO incar penghargaan artis terbaik kali kelima

Baca juga: Johnny Depp merasa diboikot komunitas Hollywood, kenapa?

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rasa Bangga Presiden Jokowi kepada Para-atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

BMKG: Selama Agustus 2021 terjadi 807 kali gempa tektonik