in

DK PBB Ancam Ambil Tindakan Keras atas Peluncuran Rudal Korut

Amerika Serikat mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengambil tindakan keras atas Korea Utara akibat peluncuran rudal pada Senin (13/2). “Kami menyerukan kepada semua anggota Dewan Keamanan untuk menggunakan segala sumber daya untuk menegaskan kepada rezim Korut bahwa peluncuran ini tidak dapat diterima. Ini saatnya membuat Korut bertanggung jawab. Bukan dengan kata-kata kita, tapi tindakan,” ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley.

Pernyataan ini dilontarkan Haley setelah anggota DK PBB, termasuk China sebagai sekutu terdekat Korut, menyepakati draf pernyataan AS yang menyatakan bahwa peluncuran rudal Korut itu sebagai “pelanggaran berat” atas resolusi PBB dan badan itu “akan mengambil langkah signifikan.”

Diberitakan Reuters, Rudal yang diklaim Pyongyang dapat membawa hulu ledak nuklir itu meluncur sejauh 500 kilometer dari timur Korut dan jatuh di Laut Jepang. Peluncuran rudal ini menambah panjang daftar pelanggaran resolusi yang dilakukan oleh Korut. Resolusi PBB itu melarang Korut meluncurkan rudal balistik maupun melakukan uji coba nuklir.

Tahun lalu, Korut dilaporkan sudah melakukan dua kali uji coba nuklir dan sejumlah peluncuran rudal. Mereka bahkan mengklaim bahwa rudal tersebut dapat mencapai wilayah AS. Sejak Korut pertama kali menguji coba perangkat atomnya pada 2006, DK PBB sudah menjatuhkan setidaknya enam paket sanksi atas Pyongyang. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Semen Padang vs PSCS Cilacap: Awas Overconfidence

Ribuan Pemilih Terancam tak Memilih