in

Donald Trump, Presiden AS Pertama Injakkan Kaki di Korut

SEOUL – Donald Trump menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS) yang menginjakkan kaki di Korea Utara (Korut). Momen bersejarah itu terjadi saat bertemu Pemimpin Korut, Kim Jong-un, di atas garis demarkasi antara dua Korea atau Demilitarization Zone (DMZ). Keduanya juga setuju untuk kembali membahas nuklir.

“Ini adalah hari yang luar biasa bagi dunia dan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini. Banyak hal besar yang terjadi,” kata Trump, Minggu (30/6).

Usai jabat tangan di dalam garis perbatasan yang menandai dipisah­kannya dua negara Korea itu, Trump melangkah ke wilayah Korut. Kedua­nya kembali berjabat tangan. Trump dan Kim kemudian berjalan ke wila­yah Korsel, bergabung dengan Presi­den Korsel, Moon Jae-in, guna per­temuan trilateral.

Usai pertemuan, Kim Jong-un me­ngatakan cukup terkejut mengetahui tentang kesediaan Trump melalui Twitter untuk bertemu kembali. “Ini­lah ekspresi keinginannya untuk me­ninggalkan masa lalu dan bekerja ke arah masa depan yang baru,” ujar Kim.

Kim menyatakan merupakan penghormatan besar jika Trump me­ngunjungi Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara. “Keduanya sepakat untuk me­ngunjungi masing-masing ibu kota ne­gara pada saat yang tepat,” kata Trump.

Menlu AS, Mike Pompeo, mengata­kan babak baru pembicaraan mung­kin akan diselenggarakan pada Juli dan para perunding Korea Utara akan mencakup para diplomat kementerian luar negeri. Ant/SB/AR-2

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sopir dan Mahasiswi Indehoi di Rumah Kos

Bujang Gadis Kota Jambi diharapkan promosikan daerah di kancah nasional